Q&A Singkat Tentang Menarche
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Q&A Singkat Tentang Menarche

Q&A Singkat Tentang Menarche

10 Oct 2019

Q&A Singkat Tentang Menarche

Di tahun pertama menstruasi, pasti ada banyak hal yang bikin kamu kepo tentang menstruasi pertama atau menarche, iya kan, Girls? Hal ini wajar aja kok, karena menarche adalah pengalaman baru buat para cewek sejak lahir. Nah, di bawah ini ada beberapa pertanyaan yang biasanya muncul saat cewek udah mengalami menarche. Apa aja ya?

  • Usia berapa sih, seorang cewek mengalami menarche?

Menstruasi adalah bagian dari proses pertumbuhan yang akan dialami cewek pada masa puber. Rata-rata para cewek mengalami menstruasi pada usia 8 – 14 tahun. Tapi, ada juga yang mengalaminya di bawah umur rata-rata atau bahkan belum mengalami menarche sampai usia 16 tahun.

Nah, supaya kamu bisa tau kapan menstruasi pertamamu datang, kamu bisa memantau tanda-tanda perubahan fisikmu atau bertanya pada mamamu di usia berapa dirinya mengalami menarche. Karena faktor genetis adalah salah satu yang memengaruhi datangnya menstruasi pertama.

  • Apakah usiaku mengalami menarche sama seperti mama?

Memang cenderung sama, Girls. Kalau mamamu mengalami menarche pada usia 15 tahun, maka kurang lebih kamu akan mengalami menstruasi setahun setelahnya. Karena faktor genetis memang sangat berpengaruh.

  • Gimana tanda-tanda cewek yang akan mengalami menarche?

Ada beberapa tanda-tanda yang harus kamu perhatikan. Pertama, payudara mulai terlihat tumbuh dan membesar. Kedua, mulai terlihat bulu-bulu halus yang tumbuh di area tulang pubis (tulang di atas vagina). Ketiga, terlihat cairan berwarna putih dari vagina. Tenang aja, semua itu adalah gejala yang normal kok, Girls. Kalau ketiga gejala itu udah kamu alami, biasanya beberapa bulan kemudian kamu akan mengalami menarche.

  • Menstruasi itu berlangsung berapa lama dan kapan menstruasi berhenti?

Durasi lamanya menstruasi setiap cewek pasti berbeda-beda. Cewek mengalami menstruasi rata-rata selama 5 – 7 hari. Tapi, berdasarkan data medis, menstruasi yang normal seharusnya berlangsung antara 2 – 10 hari terhitung sejak bercak darah menstruasi pertama terlihat sampai benar-benar bersih. Rata-rata cewek Indonesia akan berhenti mengalami menstruasi atau menopause pada usia 50 tahun. Setelah seorang cewek mengalami menopause, berarti udah nggak bisa hamil lagi.

  • Kenapa cuma aku yang belum menstruasi?

Setiap cewek punya jam biologis yang khas banget, makanya akan berbeda-beda. So, jangan menyamakan dirimu sama temanmu yang lain, karena kalau udah saatnya, pasti kamu juga akan mengalami menstruasi kok. Keep calm, Girls!

  • Gimana kalau nggak pernah menstruasi?

Seorang cewek yang nggak mengalami menstruasi sampai akhir usia 18 tahun dikategorikan mengalami amenorrhea primer. Kalau kamu mengalami kondisi ini, lebih baik langsung periksakan diri ke dokter obgyn, supaya kamu mendapatkan penanganan yang tepat.

Gimana, Girls? Penjelasan di atas cukup menjawab rasa kepomu tentang menarche kan? Kalau kamu udah tau banyak tentang menstruasi, kamu jadi nggak akan kaget atau bingung pas mengalami menarche. Kalau ada pertanyaan lain seputar menstruasi, kamu bisa bertanya langsung ke https://menstruasi.com/Home/askDrLaurier ya, karena pertanyaanmu pasti segera dijawab. So, be happy and stay healthy, Girls!

Jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka makin banyak tau info tentang menarche!

Related Articles

First Timer
08 Jan 2020

4 Fase Siklus Menstruasi yang Perlu Kamu Tau

Kata menstruasi berasal dari ‘menses’ yang artinya bulan. Tepat banget kan, kalau kata m...
First Timer
08 Aug 2019

Migrain Pas Menstruasi, Kenapa ya?

Girls, kamu pernah nggak sih, mengalami migrain saat menstruasi? Kamu harus tau nih, kalau penelitia...
First Timer
28 Nov 2019

Menyambut Masa Puber

Girls, saat kamu mengalami perubahan dalam proses menjadi seorang perempuan dewasa, masa itulah yang...