ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Puber Itu Apa dan Kapan sih?

Puber Itu Apa dan Kapan sih?

Author: Tim Edukasi Laurier

22 Nov 2019

Puber Itu Apa dan Kapan sih?

Girls, pasti kamu udah sering dengar kata “puber” kan? Nah, puber sebenarnya istilah yang dipakai untuk menjelaskan proses perubahan fisik seorang anak yang beranjak dewasa. Proses ini dialami cewek dan juga cowok. Puber yang dialami cewek antara usia 9 – 15 tahun, tapi rata-rata mulai mengalaminya di usia 12 tahun. Periode puber biasanya berlangsung antara 1,5 - 4 tahun, dan ditandai dengan bertumbuhnya payudara.

Setelah tanda pertama itu muncul, antara 2 sampai 3 tahun kamu akan mengalami menstruasi pertamamu (menarche). Kalau dilihat dari penjelasan di atas, mestinya udah cukup jelas kapan kira-kira kamu bakal “dapet”, Girls. Tapi, kalau kamu masih bingung dan juga penasaran, kamu bisa memastikannya melalui dua hal ini!

  • Data genetis 

Girls, cobalah tanya ke ibumu atau saudara cewek dari keluarga ibumu, kapan atau di usia berapa mereka mengalami menstruasi pertamanya. Biasanya kamu akan mengalami menstruasi pertama sekitar di usia yang sama dengan mereka. Para ahli menemukan bahwa cewek rata-rata mengalami menstruasi maju setahun dibandingkan usia menstruasi pertama ibunya. Misalnya, dulu ibumu pertama kali menstruasi di usia 13 tahun, maka kamu akan mengalaminya pada usia 12 tahun, Girls.

  • Data Berat badan

Cewek yang bertubuh kurus, biasanya mengalami menstruasi lebih lambat dibanding cewek yang bertubuh gemuk. Kalau udah menyangkut hal ini, biasanya bikin kamu nggak nyaman, karena pertumbuhan fisikmu yang lebih cepat dibanding teman seusiamu, dan bikin kamu merasa aneh. Sebaliknya, kalau lebih lambat dibanding dengan temanmu yang lain, kamu juga pasti merasa minder dan nggak normal.

Eits, kamu jangan berpikiran seperti ini ya, Girls! Sebenarnya kamu nggak perlu merasa “aneh” atau nggak nyaman seperti itu. Cepat atau lambat, setiap cewek akan mengalami hal yang sama kok. Cuma waktunya aja yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan karena proses pertumbuhan setiap cewek memang unik dan khas, Girls.

Kamu paham kan, apa itu puber? Kalau saat ini kamu belum mengalami menstruasi seperti teman-temanmu, nggak usah merasa minder ya, Girls. Selagi menunggu menstruasimu datang, ada baiknya kamu mempersiapkan diri buat menghadapinya!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu, supaya mereka juga tau bagaimana menstruasi terjadi di masa puber!

Related Articles

Author: Tim Edukasi Laurier
02 Dec 2019

5 Tips Manjur Cegah Kembung Menjelang Menstruasi!

Saat menjelang menstruasi, pasti kamu suka merasa kembung kan, Girls? Tapi kamu nggak perlu khawatir...
Author: Tim Edukasi Laurier
19 Aug 2019

Kenapa sih, Area Vaginaku Gatal Pas Mau Menstruasi?

Beberapa hari menjelang menstruasi biasanya para cewek bakal mengeluh sakit perut, moody, mual dan s...
Author: Tim Edukasi Laurier
27 Nov 2019

Fakta Dibalik Mitos Tentang Masa Puber

Girls, seiring dengan pertumbuhan fisik yang kamu alami di masa puber, pasti banyak perubahan yang t...