ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Proses Siklus Menstruasi Itu Gimana sih?

Proses Siklus Menstruasi Itu Gimana sih?

13 Aug 2019

Proses Siklus Menstruasi Itu Gimana sih?

Girls, mungkin di antara kamu udah ada yang tau gimana proses siklus menstruasi yang terjadi setiap bulannya. Tapi, supaya kamu lebih paham lagi bagaimana proses siklus menstruasimu bisa terjadi, baca penjelasannya di bawah ini yuk!

  • Proses pertama

Siklus menstruasi diawali dengan terbentuknya lapisan dalam dinding rahim yang berupa selaput, sebagai langkah persiapan kalau terjadi pembuahan. Selaput dinding dalam rahim inilah yang akan menjadi tempat bertumbuhnya janin.

  • Proses kedua

Indung telur melepaskan satu sel telur yang akan melewati saluran telur menuju rahim. Proses itu dikenal sebagai masa ovulasi yang akan berlangsung selama 2 x 24 jam. Ditahap ini ada perempuan yang mengalami nyeri dan ada juga yang nggak merasakan apa-apa.

  • Proses ketiga

Kalau terjadi pembuahan, maka sel telur yang udah dibuahi akan menempel pada selaput yang terbentuk di dinding rahim, lalu bertumbuh. Ini adalah proses kehamilan. Tapi kalau nggak terjadi pembuahan, maka selaput dinding rahim yang udah terbentuk bakal diluruhkan. Proses peluruhan selaput dinding rahim ini sering banget disertai sama nyeri dan kram perut karena kontraksi otot-otot rahim.

  • Proses keempat

Selaput dinding rahim keluar dari tubuh. Ini adalah proses yang dikenal sebagai menstruasi. Berdasarkan data medis, menstruasi yang normal cuma berlangsung antara 2 - 10 hari. Tapi, rata-rata perempuan mengalami menstruasi antara 5 - 7 hari.

Nah, sekarang kamu jadi lebih paham tentang proses siklus menstruasi kan? Setelah keempat proses itu berakhir, sistem reproduksimu bakal mengulang lagi dari proses pertama di setiap siklusnya. Jadi, hal itu akan terjadi terus-menerus sampai akhir usia produktifmu.

Yuk ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka tau gimana proses siklus menstruasi bisa terjadi!

Related Articles

First Timer
16 May 2019

Keputihanku Normal Apa Nggak ya?

Nggak cuma menstruasi, ternyata keputihan juga ada yang normal dan nggak normal, lho! Kalau keputiha...
First Timer
04 Jun 2021

Sering Telat Menstruasi? Ini Penyebab dan Solusinya

Aduh, kok menstruasi bulan ini lumayan telat dari biasanya ya? Apa jangan-jangan karena kebanyakan m...
First Timer
08 Aug 2019

5 Kategori PMS yang Perlu Kamu Tau!

PMS (Pre-Menstrual Syndrome) atau gejala sebelum menstruasi yang dialami setiap cewek pada dasarnya ...