Posisi Tidur Pereda Nyeri Menstruasi
ask dr laurier

Posisi Tidur Pereda Nyeri Menstruasi

Posisi Tidur Pereda Nyeri Menstruasi

04 Dec 2019

Posisi Tidur Pereda Nyeri Menstruasi

Kamu sering mengalami gangguan tidur malam pas menstruasi nggak, Girls? Ternyata memang banyak cewek yang mengalami hal itu lho. Gangguan tidur ini umumnya disebabkan karena rasa nyeri, dan takut tembus saat aliran darah menstruasi lagi deras-derasnya. Akibatnya, tidurmu jadi nggak nyenyak dan bikin kamu merasa ngantuk, lemas dan nggak siap untuk beraktivitas keesokan harinya.

Dikutip dari Glamour US, edisi Januari 2017, menurut seorang ginekolog bernama Dr. Lisa Lindley yang mengamati masalah susah tidur cewek saat menstruasi, menjelaskan bahwa untuk meredakan nyeri menstruasi biasanya para cewek tidur dengan posisi tengkurap, dengan otot perut sebagai alasnya. Awalnya ingin meredakan nyeri, posisi tidur ini justru bisa bikin tekanan pada otot perutmu yang lagi berkontraksi mengeluarkan darah semakin kuat lho, sehingga nyeri akan makin terasa. Nah, supaya nyeri dan rasa takut di malam hari nggak mengganggu tidurmu, kamu bisa mencoba posisi tidur seperti janin. Maksudnya? Begini caranya, Girls!

  • Tidur menghadap ke salah satu sisi tubuhmu

  • Rapatkan kedua kakimu dan posisikan saling menempel pada sisi dalam kaki

  • Tarik kedua kakimu ke arah perut

Posisi tidur ini cenderung mencegah terjadinya kebocoran dan bisa membuat otot perutmu jadi lebih relaks karena tekanan akan merata ke seluruh sisi tubuhmu, Girls. Sehingga kram dan nyeri perutmu bakal berkurang. Tidur dengan posisi tengkurap saat menstruasi cenderung menekan otot perut, sehingga bisa mendorong lebih banyak darah keluar. Sedangkan kalau kamu tidur terlentang, nggak akan menyebabkan apapun dan kamu juga nggak akan merasa nyeri atau kram sepanjang tidur malammu. Selain itu, aliran darah menstruasi yang deras juga akan mengumpul di sisi belakang tubuhmu, jadi bisa meminimalisir kemungkinan bocor ke samping. So, selain posisi tidur seperti janin, kamu juga bisa pakai cara tidur terlentang untuk tidur malammu yang tenang, Girls.

Hmm...sampai sekarang memang belum ada sih, obat yang bisa mengatasi ketegangan otot dan nyeri perut secara maksimal. Tapi dengan kamu tau posisi tidur seperti di atas, maka kamu bisa langsung mencobanya pas lagi merasakan nyeri menstruasi, sehingga tidurmu bakalan nyenyak dan nggak terganggu di malam hari, Girls. Jangan lupa juga untuk pakai pembalut malam supaya tidurmu makin nyaman dan nggak takut tembus!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka bisa tidur nyenyak di malam hari walaupun lagi menstruasi!

Related Articles
First Timer
14 Jun 2019

Info Lengkap Tentang Kram Menstruasi yang Perlu Kamu Tahu!

Kalau kamu merasa kram atau nyeri perut pas lagi menstruasi pasti rasanya nggak enak banget. Iya, ka...
First Timer
31 Aug 2019

Benar Nggak ya, Menstruasi Bikin Nggak Bisa Tambah Tinggi Lagi?

Girls, kalau kamu udah menstruasi itu artinya sistem reproduksimu udah sempurna dan bisa berfungsi s...
First Timer
07 Oct 2019

Cara Aman Pakai Toilet Umum

Girls, mungkin selama ini kamu mikir kalau toilet umum itu cuma yang ada di stasiun, terminal atau b...