PMS Itu Bukan Penyakit!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

PMS Itu Bukan Penyakit!

PMS Itu Bukan Penyakit!

11 Sep 2019

PMS Itu Bukan Penyakit!

Udah bukan hal yang aneh kalau mendengar cewek mengeluh nyeri dan nggak nyaman setiap menjelang menstruasi. Benar kan, Girls? Kondisi ini sering dikenal dengan PMS (Pre-Menstrual Syndrome). Cewek di usia produktif biasanya akan mengalami beberapa perubahan fisik dan psikis sebelum ‘tamu bulanan’-nya datang. Walaupun gejala ini bakal hilang saat menstruasi datang, tapi tetap aja bisa mengganggumu. Right, Girls?

Para ahli kesehatan menyatakan kalau gejala menjelang menstruasi ini berhubungan banget sama perubahan hormonal di dalam tubuh. PMS itu bukan penyakit lho! Tapi itu adalah gejala yang terjadi karena respons dari tubuhmu menghadapi perubahan menjelang menstruasi. Untuk meredakan rasa sakit PMS ini nggak harus selalu dengan obat kok, kamu bisa mengatasinya dengan cara mengubah pola hidup sehat seperti di bawah ini:

  • Hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh atau soda. Jenis minuman ini bisa menjadi obat perangsang yang bisa memengaruhi sistem saraf. Selain itu, hindari juga minuman beralkohol terutama beberapa hari menjelang menstruasi.

  • Tidur memang baik untuk menjaga stamina tubuh. Tapi, kalau kamu mengurangi jam tidurmu saat PMS ternyata bisa membantu mengurangi rasa depresi lho! Dalam The American Journal of Psychiatry, dikatakan tidur dengan waktu setengah dari biasanya di malam hari bisa mengurangi 60% – 80% ‘derita’ yang disebabkan sama PMS.

  • Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi seperti kentang, jagung, kacang polong, gandum dan produk olahannya. Para peneliti menyatakan, ada hubungan antara karbohidrat dengan produksi serotonin dalam tubuh. Sehingga perubahan mood, gangguan tidur, dan ngidam makanan tertentu bisa dihindari.

  • Olahraga yang cukup supaya hormon endorfin bisa lebih banyak diproduksi tubuhmu dari biasanya. Makanya, pilihlah olahraga yang bisa mempercepat denyut jantung seperti jogging  atau aerobik.

Gampang banget kan, Girls? Kamu tinggal lakukan empat cara di atas untuk melawan serangan PMS yang nantinya bakal mengganggumu menjelang menstruasi. Kamu juga harus ingat ya, kalau PMS itu bukan penyakit lho! So, kamu nggak perlu khawatir, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka tau kalau PMS itu bukan penyakit!

Related Articles

First Timer
16 Sep 2019

Makanan Lezat Pereda PMS

Girls, kamu sering merasakan gejala PMS menjelang menstruasi nggak? Biasanya kamu pakai cara apa unt...
First Timer
04 Sep 2019

Jangan Takut Mulai Obrolan Tentang Menstruasi Sama Mama!

Sebagian dari kamu mungkin ada yang susah memulai obrolan tentang menstruasi sama mama. Walaupun kom...
First Timer
07 Oct 2019

Tangan Bersih Selama Menstruasi

Girls, kamu sadar nggak sih, kalau kuman pemicu infeksi pasti selalu ada di sekitarmu lho! Walaupun ...