PMS atau Menstruasi? Siklus atau Durasi? Duh, Bingung!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

PMS atau Menstruasi? Siklus atau Durasi? Duh, Bingung!

PMS atau Menstruasi? Siklus atau Durasi? Duh, Bingung!

23 Sep 2019

PMS atau Menstruasi? Siklus atau Durasi? Duh, Bingung!

“Aku PMS hari pertama tanggal 10 kemarin, dan siklusku cuma berlangsung lima hari doang”. Kamu sering dengar kalimat itu nggak, Girls? Atau mungkin kamu sendiri yang ngomong? Hmm...kata PMS dan siklus di kalimat itu sebenarnya nggak tepat lho! Karena PMS itu bukan menstruasi, begitu juga sama siklus yang bukan berarti durasi lamanya menstruasi. Terus istilah yang benar itu apa dong?

  • Siklus menstruasi

Kalau selama ini kamu menganggap menstruasi yang normal dialami cewek adalah setiap bulan dan di tanggal yang sama, berarti kamu salah, Girls. Penjelasan yang tepat tentang siklus menstruasi adalah waktu berulangnya menstruasi yang dialami seorang cewek. Menstruasi yang normal bisa dihitung dari hari pertama menstruasimu sebelumnya sampai hari pertama menstruasi selanjutnya. Selain berulang setiap rentang waktu yang sama, proses yang terjadi di dalam organ reproduksi cewek juga sama. Nah, proses itulah yang disebut dengan siklus menstruasi. Terus, istilah untuk menjelaskan lamanya menstruasi itu apa? Kalau durasi menstruasi bisa kamu sebut sebagai lama menstruasi atau periode menstruasi, Girls.

  • PMS

PMS adalah singkatan dari Pre-Menstrual Syndrome yang artinya gejala-gejala sebelum menstruasi. PMS bisa dirasakan seorang cewek dari sepuluh hari sebelum menstruasi datang. Jadi, PMS ini bukan istilah yang tepat untuk menjelaskan hari pertama menstruasimu. Kalau yang kamu maksud dari kalimat “Aku PMS hari pertama tanggal 10” itu adalah menstruasi, berarti kamu salah. Karena PMS dan menstruasi jelas berbeda. So, kamu harus ganti dengan “Aku menstruasi hari pertama tanggal 10”.

Menstruasi adalah kondisi yang cuma dialami cewek, makanya kamu jangan sampai salah memahami istilah-istilah yang berhubungan sama menstruasi ya, Girls! Karena kalau kamu salah sebut, artinya juga akan berbeda dan bisa bikin orang lain bingung sama kata-katamu. So, be smart, Girls!

Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka lebih paham dan nggak salah sebut lagi ya!

Related Articles

First Timer
16 Dec 2019

Ditunggu, Tapi Kenapa Nggak Datang Juga?

“Seharusnya hari ini menstruasi, tapi kenapa nggak datang juga ya?” kamu pernah mengalam...
First Timer
27 Nov 2019

Fakta Dibalik Mitos Tentang Masa Puber

Girls, seiring dengan pertumbuhan fisik yang kamu alami di masa puber, pasti banyak perubahan yang t...
First Timer
13 Aug 2019

Kata Siapa, Menstruasi Cuma Bikin Kulit Jadi Jerawatan Doang?

Girls, hormon-hormon yang mengatur menstruasi nggak cuma mengganggu mood, bikin nyeri perut dan nafs...