Perlu Nggak sih, Ganti Pembalut Setiap 4 Jam?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Perlu Nggak sih, Ganti Pembalut Setiap 4 Jam?

Perlu Nggak sih, Ganti Pembalut Setiap 4 Jam?

30 Sep 2019

Perlu Nggak sih, Ganti Pembalut Setiap 4 Jam?

Kamu pasti udah hafal banget, kalau pas menstruasi, para cewek diingatkan untuk mengganti pembalut setiap empat jam sekali. Iya kan, Girls? Hal itu nggak bakal jadi masalah kalau kamu lagi di rumah. Tapi kalau kamu lagi beraktivitas di luar, gimana? Duh, pasti ribet banget deh! Karena kalau kamu lagi di luar dan darah menstruasi masih sedikit, biasanya nggak langsung kamu ganti walaupun udah lebih dari empat jam. Hayo ngaku siapa yang masih malas mengganti pembalut?! Hmm...kalau begitu kira-kira aman nggak ya?

Pakai pembalut yang sama sepanjang hari dengan alasan apapun adalah hal yang salah, Girls! Karena batas dari reaksi bakteri yang bisa memicu iritasi pada permukaan kulitmu adalah empat jam. Hal itulah yang menyebabkan para ahli menyarankan para cewek untuk langsung mengganti pembalutnya setiap empat jam, supaya nggak terjadi infeksi bakteri yang akhirnya menimbulkan rasa gatal dan aroma nggak sedap pas kamu lagi menstruasi.

Selain itu, rajin mengganti pembalut juga bisa mencegah terjadinya kebocoran lho! Terutama saat darah menstruasimu tiba-tiba menderas, kamu harus langsung ganti dengan pembalut yang baru, supaya darah menstruasinya bisa cepat diserap. Kalau masalah utama yang membuatmu nggak mengganti pembalut adalah karena terbatasnya waktu, seperti pergantian jam pelajaran di sekolah, mending kamu minta ijin ke gurumu untuk ke pergi toilet lebih lama. Tapi, biasanya para cewek lebih nyaman mengganti pembalut saat istirahat atau pas mengganti baju olahraga, biar nggak terlalu terburu-buru.

Masalah lain yang bisa bikin cewek malas mengganti pembalutnya di sekolah adalah karena merasa malu untuk membawa pembalut. Apalagi kalau ada teman sekelas yang melihat. Benar kan, Girls? Hmm...kalau gitu kamu bisa simpan pembalutmu di tempat yang lucu, seperti pouch yang biasa kamu bawa untuk menyimpan pelembap kulit dan tisu. Jadi, kamu nggak bakal malu lagi deh!

Sekarang udah nggak ada alasan lagi ya, untuk malas mengganti pembalut! Saran mengganti pembalut setiap empat jam ini memang harus selalu kamu ingat, Girls. Karena kalau kamu rajin mengganti pembalut, maka kamu akan terhindar dari infeksi di sekitar organ intimmu. So, tubuhmu bisa tetap bersih dan sehat selama menstruasi!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka nggak malas ganti pembalut selama menstruasi!

Related Articles

First Timer
09 Oct 2020

Apakah Hormon Memengaruhi Nafsu Makanku Saat Menstruasi?

 Perubahan hormon yang terjadi menjelang dan saat menstruasi biasanya akan memberikan banyak da...
First Timer
11 Sep 2019

Ada Bakteri di Area Vagina?

Girls, kamu tau nggak sih, ternyata di area vaginamu itu ada banyak bakteri baik yang tumbuh lho! Ba...
First Timer
11 Aug 2018

Apa Aja Sih, Mitos Tentang Siklus Menstruasi?

Kamu tau nggak sih, Girls, kalau nggak semua info tentang siklus menstruasi itu bener, lho. Ada bebe...