ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Penyebab Susah Tidur Pas Lagi Menstruasi

Penyebab Susah Tidur Pas Lagi Menstruasi

Author: Tim Edukasi Laurier

06 Aug 2019

Penyebab Susah Tidur Pas Lagi Menstruasi

Girls, kamu pernah nggak sih, mengalami susah tidur pas lagi menstruasi? Hati-hati ya, hal ini bisa bikin kamu jadi kurang tidur, ngantuk, susah berkonsentrasi, pelupa atau bahkan gampang tersinggung lho. Kamu tau nggak, ternyata ada dua hal yang bisa mengganggu tidurmu dan kadang nggak kamu sadari nih. Hmm...kira-kira apa aja ya?

  1. Suhu tubuh meningkat

Tepat setelah masa subur, suhu tubuhmu akan meningkat 0,5 derajat. Peningkatan suhu tubuh ini bisa bikin kamu jadi susah tidur dan terkadang kondisi ini juga nggak selalu kamu sadari. Jadi, kalau kamu mengalami susah tidur, kamu bisa lakukan beberapa cara di bawah ini selama seminggu sebelum menstruasi:

  • Dinginkan kamar tidurmu selama 30 menit sebelum kamu tidur
  • Mandi air hangat, sehingga suhu ruangan jadi lebih rendah dibandingkan suhu tubuhmu.

Perbedaan antara suhu tubuh dan ruangan ini bisa membuat tubuhmu relaks, jadi kamu lebih gampang untuk tidur.

  1. Gangguan pencernaan

Perubahan kadar hormon reproduksi biasanya bakal memengaruhi fungsi sistem dan organ pencernaanmu. Hal ini bisa membuatmu mengalami gangguan pencernaan seperti susah BAB, mual, atau bahkan diare. Kondisi ini bisa terjadi siang dan malam, sehingga bakal mengganggu tidurmu, Girls. Kalau hal ini terjadi, coba deh, lakukan hal di bawah ini!

  • Jangan mengonsumsi makanan berat satu jam sebelum waktu tidur
  • Kalau kamu lapar di malam hari, lebih baik konsumsi makanan yang gampang dicerna tubuhmu seperti buah-buahan dan kacang-kacangan, supaya sistem pencernaanmu nggak bekerja terlalu berat
  • Perbanyak minum air putih

Saat sistem pencernaan nggak bekerja terlalu berat, maka tubuhmu juga bakal jadi lebih relaks dan siap untuk tidur.

Nah, sekarang kamu jadi tau kan, apa penyebab dari susah tidur pas lagi menstruasi? Selain itu, kamu juga bisa mengatasinya dengan cara-cara di atas, Girls! Mulai sekarang kamu harus lebih peka untuk mengatasi susah tidurmu ya, supaya waktu istirahatmu cukup dan bisa beraktivitas secara optimal keesokan harinya!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka juga tau tentang info ini!

Related Articles

Author: Tim Edukasi Laurier
11 Dec 2019

Info Seputar Pembalut yang Harus Kamu Tahu!

Girls, saat ini topik tentang pembalut lagi hangat dibahas, terutama soal keamanannya. Tapi, ada hal...
Author: Tim Edukasi Laurier
14 Oct 2019

Kenapa Cuma Aku yang Berbeda?

Kamu sering nggak sih, merasa panik karena kondisi menstruasimu berbeda sama teman-teman cewekmu? Mi...
Author: Tim Edukasi Laurier
09 Sep 2019

Banyak Larangan Pas Menstruasi, Benar Nggak sih?

Girls, kamu pernah nggak sih, menahan diri pas menstruasi karena ada larangan-larangan tertentu yang...