Penuhi Nutrisimu Saat Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Penuhi Nutrisimu Saat Menstruasi

Penuhi Nutrisimu Saat Menstruasi

24 May 2019

 Penuhi Nutrisimu Saat Menstruasi

Kamu pasti tau kan, Girls, kalau pola makan yang sehat itu harus diterapkan setiap saat. Apalagi pas cewek lagi menstruasi. Walaupun menstruasi itu bukan gangguan kesehatan, tapi pas periode tersebut, ada kondisi tertentu yang bikin tubuh cewek jadi rentan. Nah, supaya kamu tetap semangat beraktivitas, nutrisi bisa membantu cewek untuk menjaga stamina!

Pas menstruasi lagi normal, cewek bakal kehilangan darah sekitar 20 – 80 cc setiap hari. Sedangkan, cewek yang mengalami menstruasi berat bakal kehilangan darah lebih banyak lagi. Kehilangan darah sama aja kayak kehilangan cairan tubuh, ini berarti selama menstruasi cewek harus cukup mengonsumsi air. Pastikan kamu memenuhi kebutuhan cairan sebanyak 1 liter per hari.

Di dalam darah menstruasi yang dikeluarkan oleh tubuh, terkandung zat besi yang justru dibutuhkan sama tubuh. Kalau zat besi yang dikeluarkan relatif banyak sampai membuat seorang cewek jadi kekurangan zat besi, maka bakal muncul gejala gangguan kesehatan seperti lemas dan gampang capek, pucat, rambut rontok, gampang marah, dan gampang sakit. Biar hal ini nggak terjadi, disarankan banget supaya seorang cewek mengonsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti: daging merah, ayam, ikan, kacang-kacangan dan sereal. Tapi, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi daging dan produk olahan susu, karena bisa memicu produksi hormon prostaglandin yang memperburuk nyeri saat menstruasi.

Pas lagi menstruasi, konstipasi atau kesulitan melakukan pembuangan sering banget dialami cewek. Cara paling gampang untuk mengatasi kondisi ini adalah mengonsumsi sayuran dan buah dalam jumlah relatif banyak.

Para ahli kesehatan menyarankan supaya cewek senggaknya mengonsumsi Kalsium sebanyak 1200 mg per hari. Sumber kalsium yang baik adalah susu rendah lemak, kedelai, tofu, yogurt, brokoli dan salmon. Kalsium bisa membantu untuk mempertahankan tonus otot dan mencegah kram atau nyeri perut.

Pastikan juga kamu mengonsumsi Magnesium sebanyak 200 mg per hari, karena bisa membantu penyerapan kalsium dan mengurangi kram perut. Magnesium ada pada kacang-kacangan dan tofu.

Nggak cuma itu aja, cewek juga membutuhkan beberapa vitamin, lho. Pertama, vitamin E sebanyak 8 mg per hari. Jenis vitamin ini bisa mengatasi beberapa gejala PMS dan meningkatkan sistem sirkulasi. Makanan yang mengandung vitamin E adalah alpukat, kuning telur dan hati.

Kedua, konsumsi vitamin B6 sebanyak 100 mg per hari penting banget pas lagi menstruasi. Vitamin ini bisa membantu metabolisme protein dan sel darah merah, serta meminimalisir depresi. Sumber vitamin B6 adalah kentang, pisang dan oatmeal. Ketiga, mengonsumsi vitamin C dan zinc yang cukup, karena kedua unsur nutrisi ini bisa mendukung kesehatan sel telur dan sistem reproduksi.

Kamu juga harus mengurangi konsumsi garam untuk mengatasi rasa kembung. Eits, ada lagi! Kurangi juga konsumsi kafein, gula dan alkohol karena bisa menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.

Mulai sekarang perhatikan dengan baik asupan nutrisi mu selama menstruasi ya, Girls! Karena hal ini bakal membantu kamu untuk menjaga kesehatan tubuh supaya tetap prima, dan bisa beraktivitas tanpa batas!

Share info ini ke teman-teman cewekmu, yuk, supaya mereka juga tetap semangat beraktivitas pas lagi menstruasi!

Related Articles

First Timer
27 Nov 2019

Warna Kecokelatan Setelah Menstruasi, Apa tuh?

Biasanya setelah kamu selesai menstruasi, kamu akan berpikiran nggak perlu pakai pembalut lagi, iya ...
First Timer
06 Sep 2019

Aroma Menstruasiku Tercium Nggak ya?

Girls, kamu tau nggak sih, ternyata darah menstruasi itu punya aroma yang khas dan berbeda dari arom...
First Timer
17 Sep 2019

Enjoy Sepanjang Hari Saat Menstruasi

Pas lagi menstruasi, pasti ada saat di mana kamu merasa nggak nyaman. Benar nggak, Girls? Tapi, lebi...