Pemicu Infeksi Vagina yang Nggak Kamu Sadari!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Pemicu Infeksi Vagina yang Nggak Kamu Sadari!

Pemicu Infeksi Vagina yang Nggak Kamu Sadari!

10 Dec 2019

Pemicu Infeksi Vagina yang Nggak Kamu Sadari!

Girls, organ genital adalah salah satu organ yang paling penting dalam tubuhmu. Seperti, vagina yang memiliki system penjaga kebersihan dan kesehatan. Sehingga kamu nggak perlu cara-cara lain untuk menjaga kebersihannya, Girls. Tapi, walaupun begitu tetap saja ada kondisi yang nggak kamu tau tentang vagina, yaitu risiko infeksi akibat serangan virus atau bakteri lho, Girls.

Infeksi vagina akibat bakteri dan virus adalah hal yang umum dialami setiap perempuan. Tapi,  sebenarnya kalau menyadari faktor pemicunya, kamu bisa mencegahnya kok. Ada 4 faktor pemicu infeksi vagina akibat bakteri dan virus di bawah ini!

  • Naik dan turunnya kadar hormon.

Naik turunnya kadar hormon tubuh sepanjang siklus reproduksi adalah salah satu pemicu paling umum cewek mengalami infeksi ragi, atau disebut yeast infection. Hal ini disebabkan karena peningkatan kadar hormon tertentu dapat memicu pertumbuhan ragi yang berlebihan. Pastikan saja kamu nggak menggunakan cairan pembersih, supaya nggak mendorong terjadinya perubahan pH yang mendorong pertumbuhan ragi lebih banyak lagi.

  • Mandi berendam cairan pewangi

Mandi berendam dalam air hangat yang diberi cairan sabun mengandung pewangi, bisa meredakan stres. Tapi kalau hal ini dilakukan terlalu sering dapat memicu terjadinya infeksi. Hal ini disebabkan karena pewangi adalah zat kimia yang bisa menyebabkan perubahan kadar pH vagina, dan menyebabkan perubahan sifat bakteri baik yang ada di sana, menjadi bersifat merusak.

  • Keliru memilih deterjen.

Hal ini seringkali lolos dari pengamatan. Risiko terjadinya infeksi relatif besar kalaus deterjen yang digunakan untuk mencuci celana dalam kita berpewangi. So, sebaiknya perhatikan juga hal ini ya, Girls.

  • Terlalu banyak gula.

Tanpa kamu sadari kalau makanan yang kita konsumsi berpengaruh terhadap kesehatan vagina. Makanan manis yang mengandung kadar gula tinggi, dapat memicu peningkatan kadar gula darah, dan berdampak memicu pertumbuhan bakteri dan virus. Jadi sebaiknya waspadai konsumsi gula supaya nggak berlebih, ya.

Nah, sekarang kamu udah tau kan, Girls,  faktor yang memicu terjadinya infeksi di vagina?  Pastikan kamu selalu jaga kebersihan pada area vaginamu serta cukupi nutrisi tubuhmu dengan makanan yang sehat ya, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-teman cewekmu, Girls! Supaya mereka juga mengetahui faktor penyebab terjadinya infeksi di vagina!

Related Articles

First Timer
01 Oct 2019

5 Tahap Perubahan Jadi ABG

Proses pertumbuhan cewek menjadi dewasa memang nggak ditentukan sama usia, Girls. Tapi, hampir setia...
First Timer
16 May 2019

Keputihanku Normal Apa Nggak ya?

Nggak cuma menstruasi, ternyata keputihan juga ada yang normal dan nggak normal, lho! Kalau keputiha...
First Timer
04 Jun 2021

Jerawatan Saat Menstruasi? Normal atau Bahaya?

“Duh sebel muka jerawatan lagi deh” “Beli serum penghilang bekas jerawat dimana ya...