Pembalut dan Teman-temannya
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Pembalut dan Teman-temannya

Pembalut dan Teman-temannya

08 Oct 2019

Pembalut dan Teman-temannya

Mungkin sekarang kamu cuma tau kalau pembalut adalah produk pelindung menstruasi yang paling populer. Benar nggak, Girls? Tapi kamu tau nggak sih, sebenarnya ada beberapa produk lain yang fungsinya sama dengan pembalut lho! Apa aja tuh?

  • Pembalut

Kalau produk ini pasti kamu udah nggak asing lagi kan, Girls? Pembalut adalah jenis pelindung menstruasi yang paling umum dipakai sama para cewek di Indonesia. Pembalut dipakai di dalam undies dan punya perekat untuk menahannya. Benda satu ini bekerja untuk menyerap darah menstruasi yang keluar dari tubuhmu dan wajib diganti setiap empat jam sekali. Setelah dipakai, pembalut harus dibungkus dengan rapi dan dibuang ke tempat sampah.

  • Tampon

Produk kedua ini terbuat dari kapas yang bisa menyerap darah menstruasi. Berbeda dari pembalut yang menyerap darah menstruasi di luar tubuh, tampon ini akan menyerap darah menstruasi saat masih darah masih berada di saluran vaginamu. Penggunaan tampon ini harus dimasukkan ke dalam saluran vagina dengan alat bantu. Sama seperti pembalut, tampon juga harus diganti secara rutin empat sampai delapan jam sekali, dan bekasnya dibungkus lalu dibuang ke tempat sampah.

  • Menstrual cup

Benda ini bentuknya terlihat seperti cangkir kecil. Menstrual cup ini cara pakainya seperti tampon, yaitu dimasukkan ke dalam saluran vagina. Tapi, menstrual cup cara kerjanya bukan untuk menyerap darah, melainkan menampung darah menstruasi yang keluar. Menstrual cup bisa dipakai sampai 12 jam dan bisa dipakai lagi setelah kamu cuci bersih, Girls.

Produk apapun yang mau kamu pakai saat menstruasi, kamu tetap harus ingat untuk selalu membersihkan tanganmu sebelum dan sesudah mengganti produk pelindung menstruasi tersebut. Hal ini dilakukan supaya kesehatan organ reproduksimu tetap terjaga, Girls.

Nah, sekarang kamu jadi tau kan, jenis-jenis produk yang bisa menampung darah menstruasi selain pembalut? So, mulai sekarang kamu nggak bakal bingung lagi pas teman-temanmu membicarakan tampon atau menstrual cup, Girls. Jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka juga tau tentang info ini!

Related Articles

First Timer
29 Aug 2019

Kapan Aku Menstruasi Lagi Setelah Menarche?

Setelah kamu mengalami menstruasi pertama (menarche) biasanya kamu akan menunggu menstruasi kedua pa...
First Timer
12 Dec 2019

Kenapa Tanggalnya Nggak Selalu Sama Tiap Bulan?

Kalau kamu sayang dengan tubuhmu, pastinya kamu akan lebih aware sama kesehatan reproduksimu juga ka...
First Timer
17 Sep 2019

Enjoy Sepanjang Hari Saat Menstruasi

Pas lagi menstruasi, pasti ada saat di mana kamu merasa nggak nyaman. Benar nggak, Girls? Tapi, lebi...