Pembalut Bersih Bikin Nggak Risih
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Pembalut Bersih Bikin Nggak Risih

Pembalut Bersih Bikin Nggak Risih

03 Sep 2019

Pembalut Bersih Bikin Nggak Risih

Girls, selama menstruasi, pembalut adalah salah satu benda penting yang perlu kamu perhatikan kebersihannya lho. Tapi kamu udah tau belum nih, cara yang benar untuk menjaga pembalutmu supaya selalu bersih? Nah, berikut ini cara-cara yang bisa kamu lakukan supaya kebersihan pembalut selalu terjaga mulai dari sebelum sampai setelah dipakai pas lagi menstruasi!

  • Setelah membeli pembalut, simpanlah di wadah yang tertutup dan kering supaya terhindar dari lembap. Tempat yang lembap bisa membuat tingkat higienitas pembalut menurun. Kalau kamu menyediakan pembalut dalam emergency kit, pastikan masih terbungkus dalam kemasan satuannya supaya tetap steril.
  • Membuka kemasan. Keluarkan pembalut dari kemasan, dan jangan buang kemasannya, karena dibutuhkan untuk mengemas pembalut yang diganti.
  • Memasang pembalut. Letakkan bagian pembalut yang berperekat pada bagian tengah celana dalam. Pastikan posisinya nggak terlalu ke depan atau ke bagian belakang untuk mencegah terjadinya bocor. Kalau pembalut yang dipakai memiliki sayap (wings), lipat bagian sayap pembalut ke sisi bawah bagian tengah celana, dan pastikan perekatnya menempel pada sisi luar celana dalam. Pastikan juga untuk mengganti pembalut minimal empat jam sekali atau setelah BAK, BAB dan sehabis mandi. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum kamu mengganti pembalut supaya pembalutmu tetap steril.
  • Setelah digunakan, cuci pembalut bekas pakaimu dengan cara gunting sedikit ujung pembalut, pegang ujung yang lain, siram dengan air dari ujung yang kamu pegang supaya darah menstruasi keluar. Kemudian bungkus pembalut bekas pakaimu dengan pembungkus pembalut baru yang kamu gunakan untuk mengganti, lekatkan lagi bagian perekat bungkus pembalut itu, dan buang ke tempat sampah. Supaya lebih aman, kamu juga bisa tempel pakai selotip atau karet biar kertas pembungkusnya nggak gampang terbuka, lalu buang ke tempat sampah.

Mulai sekarang kamu jangan malas untuk melakukan langkah-langkah di atas selama menstruasi ya, Girls! Hal ini dilakukan supaya kamu bisa mendapatkan kegunaan pembalut secara optimal. Karena kalau pembalutmu bersih, maka kamu akan terhindar dari penyakit apapun dan kesehatan reproduksimu juga tetap terjaga! Stay healthy, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka peduli sama kebersihan pembalutnya!

Related Articles

First Timer
05 Dec 2019

Mitos Menstruasi dari Berbagai Negara

Kalau bahas tentang mitos, pasti kamu udah nggak asing lagi kan, Girls, sama mitos-mitos yang diperc...
First Timer
15 Apr 2020

Apa Aku Sudah Memakai Pembalut dengan Benar?

Semua cewek pasti bisa memakai pembalut kan? Eh, tapi tunggu dulu! Kira-kira selama ini kamu udah me...
First Timer
18 Sep 2019

Berapa Kali sih, Cewek Mengalami Menstruasi?

Kamu pasti udah tau kan, kalau menstruasi akan dialami sama semua cewek saat sistem reproduksinya ud...