PDKT Sama Pembalut yuk!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

PDKT Sama Pembalut yuk!

PDKT Sama Pembalut yuk!

13 Sep 2019

PDKT Sama Pembalut yuk!

Kamu pasti udah tau kan, kalau pembalut itu salah satu sahabat para cewek pas menstruasi? Tapi, kamu udah paham banget tentang si ‘pembalut’ ini belum, Girls? Jangan sampai kamu terjebak sama mitos atau info yang keliru tentang pembalut ini ya!

Kalau selama ini kamu mengenal pembalut sekali pakai, sebenarnya masih ada jenis pembalut lain lho, yaitu pembalut yang bisa dipakai secara berulang. Jenis pembalut ini terbuat dari kain yang bisa dicuci dan dipakai lagi. Tapi sayangnya, memang nggak bisa dipastikan kesterilannya sih. Beda sama pembalut sekali pakai yang dibuat dari bahan berkualitas, diproses sesuai standar kesehatan dan dikemas secara steril. Sehingga pembalut ini pasti memenuhi syarat kesehatan.

Saat ini, pembalut sekali pakai juga udah dibuat dalam berbagai jenis ukuran untuk memenuhi kebutuhan cewek pas menstruasi. Makanya, kamu harus mencoba jenis-jenis pembalut sampai kamu menemukan yang pas. Kalau perlu siapkan aja beberapa jenis pembalut yang sesuai sama kondisimu seperti untuk siang, malam, saat cairan menstruasi deras sampai beberapa hari menjelang akhir menstruasi.

Pembalut sekali pakai harus kamu ganti setiap empat jam sekali. Hal ini karena pembalut yang terlalu lama dipakai bisa menyebabkan lembap di area vagina, sehingga memicu perubahan flora kulitmu seperti bakteri, jamur atau virus yang tadinya baik menjadi patogen (bersifat merusak kulit), dan akhirnya terjadi infeksi.

Ingat ya, kalau kamu habis ganti pembalut, jangan pernah buang bekasnya ke dalam toilet! Kenapa sih? Karena hal ini bisa menyumbat saluran toiletnya. Cara terbaik untuk membuang bekas pembalut adalah menggunting salah satu ujung pembalut, lalu siram dengan air di atas toilet. Maka isi pembalut itu akan larut di dalam air. Lalu, bungkus pembalut yang udah dibersihkan dengan kertas, pakaikan selotip atau karet dan buang ke tempat sampah.

Eits, masih ada satu lagi nih, Girls. Kalau kamu ingin berenang pas lagi menstruasi, sebaiknya jangan pakai pembalut ya, karena pembalut yang kamu pakai akan menyerap air dan malah bikin kamu jadi merasa nggak nyaman.

Nah, sekarang kamu jadi tau beberapa info baru tentang pembalut kan? So, mulai sekarang pakailah pembalut sesuai kebutuhanmu ya! Pembalut yang bisa kamu pakai ada dua, yaitu pembalut siang dengan ukuran standar, dan pembalut malam yang lebih panjang plus bisa bikin tidur malammu lebih nyenyak, Girls!

Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka bisa mengenal pembalut dengan baik!

Related Articles

First Timer
11 Oct 2019

Apa Itu Ovulasi?

Kamu pasti sering dengar kata ‘ovulasi’ kan, Girls? Kamu tau nggak itu artinya apa? Ovul...
First Timer
08 Oct 2019

Pembalut dan Teman-temannya

Mungkin sekarang kamu cuma tau kalau pembalut adalah produk pelindung menstruasi yang paling populer...
First Timer
02 Dec 2019

Yuk, Persiapkan Menstruasi Pertamamu dengan Baik!

Mengalami menstruasi pertama adalah hal yang akan dialami setiap cewek di masa remaja. Pasti ada yan...