ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Olahraga VS Menstruasi

Olahraga VS Menstruasi

21 Nov 2019

Olahraga VS Menstruasi

Saat menstruasi kamu pasti sering merasa lemas dan gampang capek kan, Girls? Hal ini yang bikin kamu merasa perlu menghemat tenaga, dan cuma melakukan aktivitas ringan untuk menyimpan energimu. Bahkan sebagaian cewek bilang, kalau olahraga bisa bikin menstruasi terganggu, nggak teratur, dan nggak menstruasi sama sekali. Eits, pendapat ini belum tentu benar lho, Girls!

Penjelasan yang tepat mengenai olahraga dan menstruasi, sebenarnya adalah seberapa banyak aktivitas olahraga yang kamu lakukan. Kalau aktivitas olahraga yang dilakukan masih dalam kategori rata-rata, maka nggak akan menggangu siklus menstruasimu, Girls. Apalagi kalau kamu berolahraga secara teratur pas menstruasi, maka akan membantu otot perutmu mengeluarkan darah dari dalam rahim, dan menghasilkan endorfin atau hormon pemicu rasa senang, sehingga bisa mengatasi gangguan menstruasi yang kamu alami, Girls!

Satu-satunya kondisi yang menyebabkan olahraga bisa mengganggu menstruasi, atau menyebabkan siklus menstruasimu nggak teratur adalah olahraga yang dilakukan secara berlebihan. Kalau kamu berolahraga satu jam setiap hari, maka berat badanmu akan berkurang drastis, sehingga hal itu bisa menyebabkan amenorrhea, atau tertundanya menstruasi.

Kamu jangan panik dulu ya, Girls, sebenarnya amenorrhea bukanlah penyakit, melainkan cuma gejala dari gangguan lain yang lebih besar. Sebaiknya kamu berhenti melakukan olahraga yang sangat menguras tenaga dan cobalah fokus ke berat badanmu, maka menstruasimu pasti akan kembali teratur kok, Girls.

Nah, sekarang kamu udah tau kan, kalau ternyata olahraga dan masalah berat badanmu memang nggak selalu berhubungan sama siklus menstruasimu, Girls. Kalau kamu tiba-tiba nggak menstruasi, sebaiknya kamu langsung berkonsultasi dengan dokter kandungan, supaya bisa dipastikan apakah ada masalah serius yang terjadi sama tubuhmu atau nggak, Girls.

Yuk, share artikel ini ke teman-teman cewekmu, supaya mereka juga tetap rajin olahraga pas menstruasi tanpa rasa khawatir!

Related Articles

First Timer
30 Aug 2019

Ubah Bad Mood Jadi Good Mood

Moody, sensi, gampang sedih dan marah adalah hal yang sering banget dialami para cewek menjelang dan...
First Timer
22 Aug 2019

6 Jurus Atasi Nyeri Punggung Pas Menstruasi

Biasanya para cewek mengalami nyeri perut menjelang atau saat menstruasi, tapi ternyata ada juga yan...
First Timer
03 Oct 2019

3 Kesalahan Saat Merawat Miss V

Merawat kebersihan vagina memang harus dengan cermat dan teliti. Right, Girls? Karena vagina adalah ...