Nyeri Menstruasiku Normal atau Nggak ya?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Nyeri Menstruasiku Normal atau Nggak ya?

Nyeri Menstruasiku Normal atau Nggak ya?

24 Sep 2019

Nyeri Menstruasiku Normal atau Nggak ya?

Girls, nyeri menjelang atau di awal periode menstruasi sebenarnya adalah kondisi yang wajar lho. Karena nyeri yang kamu rasakan itu adalah dampak dari kontraksi otot perut yang lagi mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahimmu. Kontraksi otot tersebut biasanya sangat intens, sehingga menyebabkan ketegangan pada otot perutmu dan akhirnya terasa nyeri. Tapi, ada saatnya kamu juga harus waspada kalau nyeri yang kamu rasakan nggak seperti biasanya. Karena itu bisa jadi salah satu tanda dari gangguan kesehatan, Girls. Nah, supaya kamu tau nyeri menstruasi yang lagi kamu rasakan, berikut ini dibagi menjadi tiga jenis:

  • Kondisi normal

Nyeri menstruasi yang wajar biasanya terjadi saat menjelang sampai beberapa hari di awal menstruasi, dan rata-rata nggak lebih dari 72 jam atau tiga hari. Kram perut biasanya akan terasa di bagian bawah perut yang menyebar ke bagian punggung dan paha atas.

  • Selalu nyeri

Kalau nyerinya nggak hilang-hilang, nggak tertahankan dan sampai dirasakan di luar masa menstruasimu, mendingan segera periksakan diri ke dokter ya, Girls. Mungkin kondisi itu terjadi karena adanya gangguan kesehatan pada organ reproduksi di rahim atau bahkan di saluran kemih. Selain itu, nyeri yang terus-menerus ini biasanya disertai sama perdarahan yang keluar lebih dari sepuluh hari, bahkan sampai berminggu-minggu.

  • Nyeri yang nggak biasa di perut bagian bawah

Gejala ini cenderung susah dipastikan apakah berbeda dari nyeri menstruasi yang normal. Tapi, biasanya kondisi ini disertai dengan demam. Hal itu dipicu karena adanya peradangan di dalam rongga panggul. Kamu bisa melihat ciri-cirinya saat kamu menemukan ada bercak darah pas BAB atau BAK. Kalau kondisimu udah menunjukkan ciri-ciri itu, jangan ragu untuk memeriksakan ke dokter supaya kamu mendapatkan penanganan yang tepat, Girls.

Sekarang kamu udah tau kan, apa bedanya nyeri yang normal dan nggak normal, Girls? Jadi, kalau nyeri yang kamu rasakan masih dalam kondisi wajar, kamu nggak perlu panik karena nyeri itu akan mereda setelah kurang lebih tiga hari. Kalau kamu merasa nggak nyaman dengan nyeri menstruasi ini, kamu bisa atasi dengan cara mengompres perutmu yang sakit dengan kompresan panas supaya otot-otot yang tegang jadi mereda. So, kalau nyeri udah mereda kamu bisa beraktivitas dengan nyaman deh, Girls!

Ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini yuk, supaya mereka tau rasa nyeri menstruasinya itu masih normal atau nggak!

Related Articles

First Timer
03 Dec 2019

8 Gejala Puber Cewek

Saat kamu memasuki masa puber, hal itu akan membawa berbagai perubahan dalam hidup juga bentuk fisik...
First Timer
06 Dec 2019

Hutang yang Harus Dibayar Saat Menstruasi di Bulan Puasa

Girls, kalau udah ngomongin puasa, biasanya buat kamu yang wajib menunaikannya, bakal nggak mau kala...
First Timer
13 Aug 2019

Kata Siapa, Menstruasi Cuma Bikin Kulit Jadi Jerawatan Doang?

Girls, hormon-hormon yang mengatur menstruasi nggak cuma mengganggu mood, bikin nyeri perut dan nafs...