Nyeri Hebat di Antara Siklus Menstruasi
ask dr laurier

Nyeri Hebat di Antara Siklus Menstruasi

Nyeri Hebat di Antara Siklus Menstruasi

11 Nov 2019

Nyeri Hebat di Antara Siklus Menstruasi

Girls, kamu pernah nggak sih, mengalami kram atau nyeri hebat di antara dua periode menstruasi? Coba perhatikan deh, nyeri atau kram itu terjadi selama masa subur atau nggak? Kalau iya, berarti kamu mengalami Mittelschmerz atau ‘nyeri di tengah’ nih. Bisa dibilang itu adalah nyeri di tengah selama siklus menstruasi.

Mittelschmerz biasanya terjadi saat masa subur, yaitu saat sel telur dilepaskan oleh indung telur. Masa subur biasanya terjadi sekitar dua minggu terhitung dari hari pertama menstruasimu. Tapi, kenapa bisa nyeri banget ya? Nah, kamu harus tau nih, Girls, dari proses pelepasan sel telur itu memang bisa menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa, dan kram pada salah satu sisi perut bagian bawah.

Selain nyeri dan kram, Mittelschmerz juga bisa menyebabkan mual dan mengeluarkan bercak darah. Tapi tenang aja, Girls! Walaupun nyeri yang kamu alami terasa sakit banget, Mittelschmerz masih termasuk kondisi yang wajar kok. Karena Mittelschmerz akan mereda setelah 6 – 8 jam, tapi memang ada juga beberapa cewek yang mengalaminya selama 1 – 2 hari.

Kalau kamu mengalaminya, nggak perlu cemas ya, Girls! Kamu tinggal ikuti tips-tips di bawah ini, untuk meredakan nyerinya:

  • Istirahat yang cukup
  • Minum 8 gelas air sehari
  • Pakai kantong air panas untuk mengompres, atau berendam di dalam air hangat untuk  meredakan nyeri
  • Konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, misalnya yang mengandung asetaminofen
  • Periksa suhu tubuhmu setiap 3 jam, untuk meyakinkan kalau kamu lagi nggak mengalami infeksi
  • Hubungi dokter kalau suhu tubuhmu meningkat dan nyeri bertambah parah, atau  kalau cara yang disarankan sebelumnya nggak berhasil

Kalau kamu mengalami gejala Mittelschmerz lebih dari 2 – 3 hari, disertai perdarahan saat muntah atau BAB, pusing, demam, nyeri saat buang air kecil, cairan vagina yang nggak biasa, perut membengkak, dan atau susah bernapas, sebaiknya langsung temui dokter untuk memeriksa kondisimu lebih lanjut ya, Girls! Ingat, jangan sampai kamu anggap sepele dan telat menyadarinya!

Yuk, share artikel ini, Girls! Supaya teman-temanmu juga bisa mengatasi nyerinya saat menstruasi.

Related Articles
First Timer
14 Aug 2019

Jauhi 6 Kebiasaan Ini Biar PMS Nggak Makin Parah

Data lembaga kesehatan dunia, WHO menyatakan 50% perempuan usia produktif mengalami PMS yang relatif...
First Timer
23 Feb 2022

Ketahui Bahaya Bau pada Vagina dan Cara Pencegahannya

Pada dasarnya, vagina wanita memiliki aroma atau bau khas yang unik dan berbeda-beda setiap individu...
First Timer
17 Dec 2021

Lendir Serviks, Tanda Penyakit atau Masa Subur?

Berbicara soal organ intim wanita, perlu diketahui ada cairan yang biasa keluar dari vagina selain d...