Nutrisi Sepanjang Siklus Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Nutrisi Sepanjang Siklus Menstruasi

Nutrisi Sepanjang Siklus Menstruasi

15 Nov 2019

Nutrisi Sepanjang Siklus Menstruasi

Menjelang menstruasi, biasanya nafsu makanmu jadi meningkat kan, Girls? Kira-kira kenapa ya? Nah, hal ini disebabkan karena hormon dalam tubuhmu yang berubah-ubah menjelang menstruasi. Makanya, nggak jarang kamu pasti ingin mengonsumsi makanan yang nggak sehat seperti junk food dan sejenisnya. Iya kan? Kalau kamu mengonsumsi jenis makanan tersebut, sebaiknya mulai sekarang dikurangi, karena kamu juga memerlukan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuhmu.

Berbagai gejala fisik yang dialami menjelang, selama, dan sampai beberapa saat setelah menstruasi, sebenarnya bisa diatasi dengan jenis nutrisi tertentu lho. Apalagi kalau kamu mengonsumsinya secara teratur pasti bisa membuatmu melewati periode menstruasi dengan nyaman, Girls. Nah, berikut ini beberapa jenis nutrisi yang baik kamu konsumsi sepanjang siklus menstruasi:

  • Sebelum menstruasi (PMS)

Kalsium dan vitamin D adalah nutrisi yang penting untuk dipenuhi menjelang menstruasi, karena kedua nutrisi ini diketahui bisa mencegah berbagai gejala PMS. Sumber makanan yang memiliki kadar kalsium dan vitamin D tinggi adalah susu. Produk olahan susu banyak mengandung kedua nutrisi tersebut dan gampang diolah tubuh. Kalau kamu mengidap lactose-intelorant atau vegetarian, maka kedua nutrisi itu bisa didapatkan dari bayam dan jenis sayuran berdaun hijau, atau susu kedelai.

  • Saat menstruasi

Kalau biasanya kamu mengemil cokelat atau snack yang asin pada saat menstruasi, sebaiknya mulai sekarang kamu stop mengonsumsinya ya! Kebiasaan ini justru bisa bikin nyeri menstruasimu semakin parah. Menurut para ahli, asam lemak Omega 3 yang ada di dalam ikan dan kacang-kacangan, bisa membantu meredakan pembengkakan, dan ketegangan yang dialami otot perut yang biasanya menyebabkan nyeri pas menstruasi.

  • Setelah menstruasi

Setelah kamu kehilangan sel darah merah selama menstruasi, maka tubuhmu bakal membutuhkan energi yang cukup untuk kembali berfungsi optimal. Pada periode ini, makanan yang kaya zat besi seperti daging merah, seafood, kismis, brokoli, tahu dan sayuran berdaun hijau sangat tepat untuk kamu konsumsi, Girls.

Nggak susah kan, memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuhmu? Semua jenis makanan di atas, gampang banget kamu cari lho, Girls! So, nggak ada salahnya kan, mulai sekarang kamu coba untuk menerapkannya supaya kamu tetap sehat dan aktif, bahkan pas lagi menstruasi!

Yuk, share artikel ini, Girls! Supaya teman-temanmu selalu memenuhi kebutuhan nutrisinya di sepanjang siklus menstruasi!

Related Articles

First Timer
04 Oct 2019

Makanan Lezat, PMS Minggat!

Girls, kamu pernah nggak sih, membayangkan kalau makanan yang kamu konsumsi sebelum dan selama menst...
First Timer
15 Apr 2020

Apa Aku Sudah Memakai Pembalut dengan Benar?

Semua cewek pasti bisa memakai pembalut kan? Eh, tapi tunggu dulu! Kira-kira selama ini kamu udah me...
First Timer
13 Sep 2019

PDKT Sama Pembalut yuk!

Kamu pasti udah tau kan, kalau pembalut itu salah satu sahabat para cewek pas menstruasi? Tapi, kamu...