My First Period
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

My First Period

My First Period

04 Dec 2019

My First Period

Pertama kali mendengar kata ‘menstruasi’ kamu langsung takut nggak, Girls? Kalau iya, memang nggak aneh sih, soalnya teman-teman cewekmu yang udah menstruasi pasti suka mengeluhkan nyeri dan sakit pas menstruasi. Iya kan? Tapi sebenarnya kamu nggak perlu takut, karena setiap cewek pasti akan mengalaminya kok. Nah, di bawah ini ada beberapa hal yang perlu kamu tau di tahun pertama menstruasimu. Kira-kira apa aja ya?

Menstruasi adalah hal wajar yang akan dialami setiap cewek, dan tanda kalau sistem reproduksi di dalam tubuhmu udah berfungsi. Saat menstruasi, sistem reproduksimu akan melakukan proses pembersihan. Rahim yang sebelumnya membentuk selaput di masa subur nantinya akan meluruhkannya kalau nggak terjadi pembuahan. Selaput itulah yang akan luruh bersama darah menstruasi. Selaput dari rahimmu akan terlihat seperti zat yang padat dan warnanya lebih pekat dari darah.

Cewek akan mengalami menstruasi pertamanya pada masa puber. Masa puber ini akan berlangsung antara usia 9 – 15 tahun, tapi rata-rata cewek zaman sekarang mengalami menstruasi pertama di usia 11 – 12 tahun. Menurut data medis, menstruasi pertama yang paling telat akan terjadi di akhir usia 18 tahun. Biasanya sebelum mengalami menstruasi pertama atau menarche, cewek akan mengalami tanda kematangan seksual sekunder, seperti tumbuhnya payudara dan bulu-bulu di sekitar ketiak dan vagina.

Saat menstruasi pertama, tubuhmu akan terasa pegal-pegal dan nggak nyaman. Eits, tapi kamu jangan panik ya, karena hal tersebut disebabkan sama otot-otot bagian bawah perutmu yang menegang setelah bekerja mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim. Kondisi ini wajar kok, dan akan mereda dengan sendirinya. Tapi, kalau mau cepat mereda kamu bisa mengatasinya dengan berolahraga dan menjaga pola hidup sehat.

Kalau nyerinya udah nggak tertahankan, sebaiknya kamu langsung minum obat pereda nyeri. Kamu juga bisa mengompres bagian perut yang sakit menggunakan kompresan hangat. Suhu hangat bisa meredakan ketegangan otot perutmu. Kalau otot-otot relaks, maka nyeri akan berkurang.

Hal yang perlu kamu ingat adalah kalau cewek udah menstruasi berarti organ reproduksinya udah menghasilkan sel telur yang bisa dibuahi, dan artinya kamu udah bisa hamil. So, hati-hati dalam bergaul ya, terutama sama teman-teman cowokmu karena kamu sekarang bukan anak kecil lagi, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka tau apa aja hal-hal yang akan dialami pada tahun pertama menstruasinya!

Related Articles

First Timer
14 Dec 2019

Kenapa sih, Menstruasiku Tidak Lancar?

Ngaku deh, Girls, kalau awalnya menstruasimu teratur terus tiba-tiba jadi tidak teratur, pasti kamu ...
First Timer
12 Nov 2021

Ampuh! Atasi Anemia dengan Zat Besi Saat Menstruasi 

Hai, girls! Siapa nih di sini yang sering banget dihantui oleh gejala PMS menjelang menstruasi ataup...
First Timer
31 Aug 2019

Kok, Aku Nggak Merasakan PMS ya?

Teman-temanmu sering mengeluhkan nyeri perut, sakit kepala, moody atau tiba-tiba ingin ngemil menjel...