MKM Itu untuk Apa sih?
ask dr laurier

MKM Itu untuk Apa sih?

MKM Itu untuk Apa sih?

10 Dec 2019

MKM Itu untuk Apa sih?

Kamu tau tentang MKM nggak, Girls? Atau mungkin kamu baru pertama kali mendengarnya? MKM adalah singkatan dari Manajemen Kebersihan Menstruasi. MKM punya dua pengertian, yaitu perempuan dalam siklus menstruasi memakai produk yang bersih untuk menyerap darah menstruasi. Selain itu, menjaga kebersihan tubuh dengan sabun dan air bersih, serta ada fasilitas untuk membuang produk yang udah dipakai. Ingat, produk yang kamu pakai harus diganti secara teratur ya!

Supaya makin banyak perempuan yang kenal dengan MKM, jejaring AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan) ikut merayakan hari kebersihan menstruasi sedunia di Indonesia bersama beberapa lembaga antara lain Plan International Indonesia, UNICEF, SNV, Simavi, Wahana Visi Indonesia, Speak Indonesia, dan YPCII. Hari kebersihan menstruasi ini jatuh pada tanggal 28 Mei 2013, yang dibuat oleh organisasi non-pemerintah asal Jerman, Wash United. Tapi perayaannya baru dimulai setahun setelahnya, pada 28 Mei 2014 sampai sekarang.

Jejaring AMPL mensosialisasikan isu tentang MKM di bidang kesehatan lingkungan. Tema ini dipilih karena melihat banyaknya tantangan untuk menciptakan kebersihan yang baik di lingkungan sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Ditambah lagi, masalah tentang MKM ini juga dianggap bukan isu penting yang harus langsung ditangani.

Eko Wiji Purwanto sebagai ketua pelaksana harian jejaring AMPL bertujuan untuk mendorong kepedulian semua pihak supaya terlibat dalam kampanye MKM. Karena dengan itu, bisa meningkatkan kesadaran dan pengetahuan para remaja perempuan tentang pola hidup yang bersih dan sehat saat menstruasi, serta mendorong mereka supaya menjadikan MKM sebagai bagian dari pedoman kesehatan reproduksinya. Karena pentingnya menjaga kebersihan selama menstruasi memang harus dilakukan mulai dari remaja supaya bisa jadi kebiasaan yang baik untuk ke depannya.

Eni Gustina, Direktur Kesehatan Keluarga, Ditjen. Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan juga bilang kalau isu MKM berhubungan banget sama pencapaian beberapa target Sustainable Development Goals, yaitu tujuan kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, serta air bersih dan kesehatan lingkungan yang layak.

So, MKM itu penting banget buat dirimu sendiri lho, Girls! Kalau kamu udah melakukan kebiasaan yang disarankan dalam MKM, itu artinya kamu membuat pola hidupmu jadi lebih bersih dan sehat selama menstruasi. Nah, pastinya juga kesehatan tubuh dan reproduksimu bakal lebih terjaga, jadi nggak gampang kena penyakit apapun. Yuk, mulai rajin terapkan MKM pas kamu lagi menstruasi!

Jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu ya, biar mereka juga tau info tentang MKM!

Related Articles
First Timer
23 Sep 2019

Darahnya Sedikit, Normal Nggak ya?

Salah satu yang bikin cewek bingung adalah hal yang berhubungan sama menstruasi seperti waktunya yan...
First Timer
02 Dec 2019

Buang Angin Melulu, Wajar Nggak sih?

Kamu pernah buang angin atau kentut terus nggak, Girls? Kalau hal ini terjadi saat kamu lagi bareng ...
First Timer
11 Aug 2018

Apa Aja Sih, Mitos Tentang Siklus Menstruasi?

Kamu tau nggak sih, Girls, kalau nggak semua info tentang siklus menstruasi itu bener, lho. Ada bebe...