ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Mitos vs Fakta Menstruasi, Mana yang Benar?

Mitos vs Fakta Menstruasi, Mana yang Benar?

18 Dec 2019

Mitos vs Fakta Menstruasi, Mana yang Benar?

Girls, kamu pasti sering denger temen bilang “eh jangan minum air dingin kalo mens” atau “jangan berenang kalo lagi mens” dan lainnya. Berbagai macam mitos ini telah dipercaya oleh sebagian cewek karena informasi yang di dapat tentang menstruasi nggak cukup banyak. Hal ini pastinya bikin kamu khawatir juga kan, Girls? Takutnya dari mitos itu malah akan memperburuk kondisi kesehatanmu selama menstruasi. 

Sebenarnya, mitos-mitos itu udah ada secara turun-temurun. Jadi, nggak heran kalau sumber informasinya nggak jelas dan belum diketahui pasti kebenarannya secara medis. Sebaiknya kamu ketahui lebih dulu mitos yang tersebar itu benar fakta atau bukan ya, Girls.

  • Mitos: Menstruasi membuat tubuh lemah

Fakta: Hasil penelitian menyebutkan bahwa rata-rata saat menstruasi, darah yang dikeluarkan oleh tubuh hanyalah 50-150 ml, atau sekitar 4 – 6 enam sendok. Jadi nggak benar kalau tubuh melemas hanya karena darah yang keluar saat menstruasi. Tapi, kalaupun terasa lemas, pasti karena ada gangguan fisik lainnya.

  • Mitos: Menstruasi = sakit

Fakta: Menstruasi adalah proses alami yang dialami perempuan pada masa produktif. Menstruasi menandakan bahwa sistem reproduksi berlangsung normal, dan seorang perempuan dalam keadaan sehat.

  • Mitos: Softdrink dapat melancarkan menstruasi

Fakta: Sampai saat ini belum dapat dibuktikan secara ilmiah bahwa softdrink bisa melancarkan menstruasi.

  • Mitos: Dilarang berenang saat menstruasi

Fakta: Selama memakai pembalut dan nggak merasa risih, berenang saat menstruasi sebenarnya nggak dilarang. Tapi karena pada saat menstruasi kontraksi otot perut sedang sangat intens, maka sangat mungkin terjadi kram otot. Kalau hal ini terjadi, sebaiknya berhenti melakukan aktivitas renangmu ya, Girls.

  • Menstruasi yang normal berlangsung seminggu

Fakta: Secara medis menstruasi yang normal berlangsung antara 3 – 10 hari. Kalau kurang atau lebih dari jumlah hari tersebut, barulah kondisi ini terbilang nggak normal.

  • Dilarang minum air dingin dan es saat menstruasi

Fakta: Sebenarnya air dingin nggak memiliki efek apapun saat menstruasi. Terutama efek menghambat aliran darah. Selama nggak merasakan sakit ataupun perut kembung, minum air es sah-sah saja kok.

Nah, dari beberapa fakta tentang mitos diatas, ada yang udah kamu buktikan, Girls? Kalau kamu mendengar tentang menstruasi yang masih diragukan faktanya, sebaiknya dipastikan dulu informasinya ya, Girls!

Yuk, ajak teman-teman cewekmu baca artikel ini ya, Girls! Supaya mereka juga mengetahui kalau semua mitos yang didengar nggak semuanya benar!

Related Articles

First Timer
12 Sep 2019

Ganti Pembalut Tiap Habis BAK Itu Wajib Nggak sih?

Walaupun udah sering mengalami menstruasi, kamu pasti masih suka merasa nggak nyaman kan, Girls? Hal...
First Timer
14 Jan 2022

Iritasi Saat Menstruasi dan Pencegahannya

Setiap hari, kamu wajib banget menjaga kebersihan area kewanitaan terutama saat menstruasi. Menjaga ...
First Timer
19 Aug 2019

Gejala Nyeri Menstruasi yang Harus Kamu Waspadai

Girls, kamu pernah nggak sih, merasakan nyeri di bagian perut pas lagi menstruasi? Nah, sebenarnya k...