ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Minuman Bersoda Bisa Lancarkan Menstruasi, Benarkah?

Minuman Bersoda Bisa Lancarkan Menstruasi, Benarkah?

16 Jun 2023

Minuman Bersoda Bisa Lancarkan Menstruasi, Benarkah?

Girls, apakah kamu suka mengonsumsi minuman bersoda selama menstruasi? Dan mendengar jika mengonsumsi minuman bersoda pada saat menstruasi dapat membantu melancarkan darah menstruasi yang keluar dan tidak akan membuat perut sakit?

Benarkah demikian? Yuk, cari tahu faktanya!

Fakta Minum Soda saat Menstruasi

Saat menstruasi, rata-rata wanita mengeluarkan darah 2 – 3 sendok makan. Aliran darah yang keluar pun kadang ada yang ringan dan deras. Dengan durasi waktu pada umumnya sekitar 3 – 7 hari.

Perbedaan waktu berlangsungnya menstruasi ini bergantung pada banyak atau tidaknya darah menstruasi yang keluar. Misalnya, apabila menstruasimu terjadi selama 7 hari, maka biasanya darah yang keluar lebih sedikit, begitu pun sebaliknya.

Tidak heran, kalau beberapa wanita mencoba melancarkan menstruasinya dengan mengonsumsi minuman bersoda karena menganggapnya bisa mempercepat selesainya menstruasi.

Baca Juga: Boleh Nggak sih, Minum Es dan Air Dingin Pas Menstruasi?

Padahal, minuman bersoda dapat melancarkan menstruasi hanyalah mitos belaka. Di mana, menurut pakar nutrisi dan pengamat gaya hidup, Dr. Grace Judio-Kahl, tidak ada bukti ilmiah mengonsumsi minuman bersoda dapat melancarkan menstruasi. Sebaliknya, minum soda pada saat menstruasi justru malah dapat memperburuk gejala menstruasi yang kamu rasakan, seperti:

  • Lebih mudah sakit kepala;
  • Perut terasa kembung;
  • Kram pada perut.

Penyebabnya karena minuman bersoda (minuman berkarbonasi) mengandung kafein  cukup tinggi. Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam jurnal Epidemiology yang dilansir dari Medical News Today mengonsumsi minuman manis, termasuk yang bersoda, maka berpotensi menurunkan tingkat kesuburan, baik pada wanita maupun pria.

Selain itu, menurut Journal of Taibah University Medical Sciences, minuman bersoda juga berpotensi menyempitkan pembuluh darah. Atau, dalam bahasa medis disebut vasokontriksi. Efeknya, dapat meningkatkan rasa sakit dan nyeri yang muncul pada perut saat menstruasi.

Untuk itu, sebaiknya batasilah konsumsi minuman bersoda ketika menstruasi, ya.

Related Articles

First Timer
10 Dec 2019

Tips Membersihkan Pembalut yang Baik dan Benar

Girls, kamu tau nggak, ternyata pembalut sekali pakai yang kamu gunakan sehari-hari, terbuat dari ba...
First Timer
06 Jan 2020

Serba-serbi Nyeri Menstruasi

Girls, sebenarnya nyeri menstruasi adalah hal yang wajar dialami para cewek setiap menjelang atau se...
First Timer
03 Sep 2019

Pembalut Bersih Bikin Nggak Risih

Girls, selama menstruasi, pembalut adalah salah satu benda penting yang perlu kamu perhatikan kebers...