Migrain Pas Menstruasi, Kenapa ya?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Migrain Pas Menstruasi, Kenapa ya?

Migrain Pas Menstruasi, Kenapa ya?

08 Aug 2019

Migrain Pas Menstruasi, Kenapa ya?

Girls, kamu pernah nggak sih, mengalami migrain saat menstruasi? Kamu harus tau nih, kalau penelitian terakhir tentang migrain ternyata udah memastikan perempuan itu lebih gampang mengalami migrain dibandingkan laki-laki. Hal itu dipicu karena kadar hormon yang nggak teratur dan rutin dialami menjelang, selama, dan setelah menstruasi serta selama masa subur.

Beberapa saat menjelang menstruasi, kadar estrogen dan progesteron di dalam tubuhmu bakalan turun drastis. Nah, kondisi ini bisa memengaruhi kadar serotonin (hormon yang mengatur kepekaan serabut saraf yang menerima rasa nyeri) ikut menurun. Saat kadar serotonin dalam tubuhmu rendah, maka kamu akan mengalami migrain.

Menurut relieve-migraine-headache.com, gangguan migrain saat menstruasi dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Premenstrual migrain. Jenis yang pertama ini bisa dialami seorang perempuan selama tiga sampai tujuh hari sebelum menstruasi dan berakhir di hari pertama menstruasi.

  • Menstrual migrain. Jenis ini bisa terjadi satu sampai dua hari sebelum hari pertama menstruasi dan pelan-pelan hilang pada hari kedua atau ketiga menstruasi. Pada beberapa kasus, menstrual migrain ini juga bisa dialami satu atau dua hari setelah menstruasi berakhir.

Sebenarnya migrain bisa hilang dengan minum obat-obatan tertentu, tapi ada juga cara lain yang bisa kamu lakukan tanpa harus minum obat, Girls. Apa aja ya?

  • Aromaterapi

Dalam buku Aromatherapy for Dummies, dijelaskan kalau lima tetes minyak esensial lavender yang dicampur ke dalam air dingin atau hangat bisa menjadi cairan kompresan yang membantu mengatasi migrain. Kompreslah area leher dan kepalamu selama 10 menit, maka pelan-pelan migrainmu akan berkurang.

  • Olahraga

Setiap kali bergerak, tubuhmu akan memproduksi endorfin, yaitu jenis hormon yang berfungsi sebagai pereda nyeri alami. Saat terjadi serangan migrain, kamu bisa berjalan kaki setengah jam setiap hari untuk meredakannya.

  • Pijat

Mintalah seseorang untuk menekan pundak dan leher bagian belakangmu selama lima menit. Dilanjutkan dengan menekan pangkal tengkorak dengan jari selama satu menit, lalu lepaskan tekanan perlahan-lahan. Menurut buku Massage, The Complete Idiot’s Guide cara-cara itu bisa mengatasi migrain.

  • Kompresan panas vs dingin

Pada saat yang bersamaan letakkan kompresan dingin di leher dan rendam kedua tangan di dalam air hangat. Cara ini bisa mengurangi ketegangan yang terjadi di dalam kepala sampai migrain mereda.

  • Asupan magnesium

Sejak lama udah diketahui kalau salah satu faktor pemicu seseorang mengalami migrain adalah karena asupan magnesium yang rendah. Kalau kamu sering mengalami migrain, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium seperti makanan berbahan gandum, kacang-kacangan, kedelai, seafood, sayuran berwarna hijau gelap, pisang dan susu.

Sekarang kamu jadi makin paham tentang migrain pas menstruasi kan, Girls? Mulai sekarang kamu harus selalu jaga kesehatanmu ya, karena kalau tubuhmu sehat, pasti aktivitasmu juga nggak bakalan terganggu!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka juga bisa lebih paham tentang migrain!

Related Articles

First Timer
06 Dec 2019

Hutang yang Harus Dibayar Saat Menstruasi di Bulan Puasa

Girls, kalau udah ngomongin puasa, biasanya buat kamu yang wajib menunaikannya, bakal nggak mau kala...
First Timer
03 Sep 2019

Kenapa Harus Pakai Pantyliner?

Zaman sekarang ini kesadaran cewek soal kesehatan tubuhnya semakin meningkat, termasuk kesehatan rep...
First Timer
06 Nov 2020

Yuk, Kenali Arti 7 Macam Warna Darah Menstruasi!

Mungkin enggak banyak perempuan yang benar-benar memerhatikan warna darah menstruasi di pembalut mer...