Menstruasi Saat Lebaran? Asyikin Aja!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Menstruasi Saat Lebaran? Asyikin Aja!

Menstruasi Saat Lebaran? Asyikin Aja!

13 Dec 2019

Menstruasi Saat Lebaran? Asyikin Aja!

Girls, menstruasimu datang pas banget di hari lebaran? Hmm…kamu nggak perlu merasa sedih karena nggak bisa solat Ied, Girls. Kamu masih bisa menikmati suasana lebaran dan silaturahmi yang indah kok, walaupun sedang menstruasi. Salah satu cara supaya kamu bisa merasakan serunya lebaran adalah dengan membuat diri kamu berguna untuk orang lain. Misalnya saat anggota keluargamu sedang solat Ied, kamu bisa bantu-bantu merapikan rumah dan menyiapkan makanan hidangan lebaran. Pastinya semua orang akan berterima kasih dan kagum atas apa yang kamu lakukan, Girls. Nah, biar kamu nyaman saat menikmati hari lebaranmu, kamu bisa lakukan tips-tips di bawah ini ya, Girls!

  • Pilih underwear sesuai ukuran dan berbahan katun.

Saat menstruasi, tubuh cenderung mudah berkeringat. Jadi, mengenakan celana dalam yang tidak ketat dan menyerap keringat, akan sangat membantu kita merasa lebih nyaman. Di sisi lain kalau celana terlalu ketat, saat bergesekan dengan kulit yang berkeringat, cenderung memicu iritasi. Hmm...kamu nggak mau ribet gatel-gatel kan, di saat lebaran sedang seru ini?!

  • Pembalut tepat.

Ini penting lho, Girls! Pembalut yang kamu pakai harus nyaman, nggak berasa ganjel dan yang pasti dapat menyerap dan mengunci cairan dengan optimal. Jadi, kamu bisa bergerak bebas tanpa khawatir tembus deh!

  • Rajin ganti pembalut.

Jangan lupa mengganti pembalut setiap 4 jam, atau segera ganti kalau kamu merasa nggak nyaman, supaya kebersihan dan kenyamanan kulit di sekitar vagina tetap terjaga, Girls.

  • Minum air.

Saat menstruasi tubuhmu membutuhkan banyak cairan. Apalagi kalau kamu sibuk membantu mama, tubuh kamu akan cenderung banyak bergerak. Kedua kondisi ini bisa menyebabkan dehidrasi, kalau kamu nggak cukup minum.

  • Kendalikan makanmu!

Namanya juga hari istimewa, saat lebaran akan banyak makanan lezat tersedia. Di sisi lain, saat menstruasi kamu sering ingin banyak makan atau mengemil. Nah, jangan sampai kebablasan ya, Girls. Pilihlah sayuran kalau tersedia, karena lebih sehat, dan selalu minum sebelum makan untuk menekan dorongan makan berlebih.

Nah, simple banget kan, Girls? Coba deh kamu lakukan tips diatas, supaya kamu bisa nyaman seharian saat silaturahmi dengan keluarga dan saudaramu di hari lebaran ini ya, Girls. Jadi, nggak perlu sedih lagi ya, kamu tetap bisa menikmati hari lebaran kok, walaupun dengan cara yang lain. Be happy ya, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu yang lain baca artikel ini ya, Girls! Supaya mereka juga mengetahui cara lain untuk menikmati hari lebaran saat menstruasi!

Related Articles

First Timer
13 Dec 2019

Perubahan Sifat Cairan Vagina di Setiap Siklus

Girls, sepanjang siklus reproduksi, dari yang masa puber sampai masa subur, tubuh cewek akan menghas...
First Timer
29 Nov 2019

Tips Ngobrol Santai Tentang Menstruasi Sama Mama

Saat menstruasi, kamu masih suka merasa bingung nggak, Girls? Misalnya, “kenapa menstruasiku l...
First Timer
27 Nov 2019

Anti Bete Pas Menstruasi

Menjelang siklus menstruasi sampai beberapa hari di awal menstruasi, rata-rata cewek bakal mengalami...