Menstruasi Pas Lagi Traveling? Santai aja!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Menstruasi Pas Lagi Traveling? Santai aja!

Menstruasi Pas Lagi Traveling? Santai aja!

21 Nov 2019

Menstruasi Pas Lagi Traveling? Santai aja!

Girls, kamu udah punya rencana liburan backpackers bersama teman-temanmu tahun ini? Kalau iya, pasti seru banget tuh, Girls, karena kamu akan mengalami hal yang nggak biasanya. Liburan ala backpackers biasanya akan berpindah-pindah tempat dalam jangka waktu yang cukup lama nih. Selama berpergian dalam waktu seminggu atau dua minggu itu, pasti ada aja kemungkinan kamu akan mengalami menstruasi kan?

Apalagi di usia remaja ini, siklus menstruasimu cenderung belum teratur, kan? Hal ini pasti bikin kamu nggak bisa melakukan petualangan seru bersama teman-temanmu. Eits, jangan sedih, Girls! Kamu bisa mempersiapkan diri untuk menyiasati menstruasi pas lagi traveling kok. Kamu tinggal memastikan hal-hal di bawah ini aja, Girls!

  • Bawa persediaan pembalut dan celana dalam untuk 1 – 2 minggu. Biar nggak ribet, kamu bisa pakai celana dalam dissposable yang langsung dibuang setelah dipakai. Pastikan kamu membungkusnya rapat-rapat sebelum dibuang ke tempat sampah ya, Girls!
  • Kemas seluruh persediaan menstruasimu ke dalam plastik kedap air, sehingga tetap kering. Jangan takut persediaan ini akan membuat tasmu jadi berat, karena pasti lama-lama bakal
  • Bawa obat pereda nyeri, supaya kamu nggak terganggu sama PMS atau nyeri menjelang menstruasi.
  • Tisu kering dan tisu basah are a must! Nggak perlu bawa banyak, karena kamu bisa membelinya di jalan, kalau ternyata kurang. Tapi, sebaiknya selalu pastikan ada di dalam
  • Bawa cairan antiseptik pencuci tangan, supaya bisa kamu pakai kalau nggak ada air bersih. Ingat untuk selalu membersihkan tanganmu sebelum dan setelah mengganti pembalut ya!
  • Ganti pembalut setiap 4 jam. Perhitungkan dengan baik lama perjalananmu ya, Girls. Jangan sampai kamu melewati batas waktu untuk mengganti pembalut. Karena pembalut yang dipakai lebih dari 4 jam akan memicu kelembapan dan iritasi kulit, yang pastinya bisa bikin kamu nggak nyaman untuk menikmati acara jalan-jalanmu.

Simple banget kan, Girls? Kamu cukup lakukan tips-tips di atas, supaya traveling bersama teman-temanmu jadi lebih nyaman dan menyenangkan! Selain itu, kamu juga perlu menjaga kondisi tubuhmu dengan asupan nutrisi yang baik, supaya siklus menstruasimu nggak terganggu. Happy holiday, Girls!

Kamu punya tips lain untuk menyiasati menstruasi pas lagi traveling? Tulis di kolom komentar yuk! Jangan lupa juga share artikel ini ke teman-temanmu, supaya mereka bisa mempersiapkan diri saat mau traveling pas lagi menstruasi!

Related Articles

First Timer
31 Aug 2019

Sering Merasa Haus Pas Menstruasi, Kenapa ya?

Girls, kamu sadar nggak, kalau bibir dan rongga mulutmu terasa lebih kering pas lagi menstruasi? Hal...
First Timer
14 Oct 2019

Kenapa Cuma Aku yang Berbeda?

Kamu sering nggak sih, merasa panik karena kondisi menstruasimu berbeda sama teman-teman cewekmu? Mi...
First Timer
09 Sep 2019

Organ Reproduksi Itu Apa Aja ya?

Girls, seberapa jauh nih, pengetahuan kamu tentang organ reproduksi? Mungkin kalau kamu udah menstru...