ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Menstruasi Nggak Teratur, Masih Normalkah?

Menstruasi Nggak Teratur, Masih Normalkah?

06 Dec 2019

Menstruasi Nggak Teratur, Masih Normalkah?

“Lho, harusnya kan bulan ini menstruasi”, “padahal baru seminggu kemarin selesai, kenapa menstruasi lagi ya?” Pertanyaan yang sering ditanyakan ini, biasanya terjadi setelah kamu mengalami menstruasi pertama, benar kan, Girls? Pastinya kamu berharap menstruasimu akan teratur di bulan berikutnya. Tapi, bisa saja yang terjadi malah sebaliknya, menstruasi baru datang beberapa bulan kemudian, atau justru kamu mengalami 2 kali menstruasi dalam 1 bulan. Bisa juga bulan ini kamu hanya menstruais dua hari, kemudian mengalaminya menstruasi selama 10 hari di bulan berikutnya. Hmm…kira-kira kenapa ya?

  • Siklus menstruasi

Pada dasarnya, sangat normal bagi cewek mengalami siklus menstruasi yang nggak teratur selama dua tahun pertama. Sekalipun ada juga yang mengalami menstruasi dengan siklus teratur hanya beberapa bulan setelah menstruasi pertama. Rata-rata cewek mengalami menstruasi setiap 28 hari, atau siklus menstruasi mereka adalah 28 hari. Namun secara medis menstruasi bisa dialami seorang cewek berulang setiap 15 hari paling pendek, dan 45 hari pada siklus yang paling panjang.

  • Volume dan lama menstruasi

Lamanya menstruasi berlangsung, dan volume darah yang keluar sangat tergantung pada kadar hormon yang ada di dalam tubuhmu. Pada usia remaja, ketika proses pertumbuhan masih berlangsung kadar hormon di dalam darah masih naik turun, nggak seimbang. Kondisi ini memengaruhi volume darah dan siklus menstruasi, sehingga kadang-kadang menstruasi terlihat lebih banyak, dan di lain waktu terlihat sangat sedikit. Demikianpun kadang hanya berlangsung 2 hari, dan ada saatnya berlangsung hingga 10 hari. Jadi, sebaiknya kamu nggak perlu cemas, karena kondisi ini sangat normal kok, Girls.

  • Waspada

Sekalipun terkategori sebagai hal yang wajar, ketidakteraturan siklus, lama berlangsung dan volume darah menstruasi, ada saja hal yang perlu kamu waspadai, yaitu,  menstruasi yang nggak datang selama 3 siklus berturut-turut. Kondisi ini dikenal sebagai amenorrhea atau menstruasi berlebih. Sebaiknya segera memberitahu mama, dan minta beliau mengajakmu ke dokter ya, Girls!

Sekarang kamu udah tau kan, Girls, pemicu yang bikin menstruasimu nggak teratur? Pastikan kamu tetap memenuhi kebutuhan nutrisimu dengan baik, menghindari stres, istirahat yang cukup dan rajin berolahraga agar siklus menstruasimu tetap teratur ya, Girls.

Yuk, ajak teman-temanmu yang lain baca artikel ini, Girls! Supaya mereka juga mengetahui penyebab yang membuat siklus menstruasi jadi nggak teratur dan mewaspadainya

Related Articles

First Timer
11 Jan 2021

Bocor? Ini Tips Hilangkan Noda Darah Menstruasi di Kain!

 Nightmare atau mimpi buruk bagi para perempuan adalah "bocor" saat menstruasi. Apala...
First Timer
25 Jul 2023

Gangguan Menstruasi Oligomenorea, Apa Tanda dan Pemicunya?

Girls, tahukah kamu, kalau periode menstruasi normal pada seorang wanita berkisar antara 21 – ...
First Timer
20 Feb 2019

Kapan Menstruasiku Datang Lagi?

Sebenernya simple lho, Girls, kalau kamu mau tau hari pertama menstruasimu selanjutnya. Gimana sih, ...