ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Menstruasi Nggak Teratur di Usia Remaja? Wajar kok!

Menstruasi Nggak Teratur di Usia Remaja? Wajar kok!

27 Aug 2019

Menstruasi Nggak Teratur di Usia Remaja? Wajar kok!

Kamu sering merasa cemas nggak sih, kalau menstruasimu nggak teratur? Pasti pikiran kamu udah negatif, takut kondisi ini termasuk nggak normal atau ada kelainan dalam tubuhmu. Hmm...lebih baik kamu jangan berpikiran seperti itu dulu, Girls. Karena kondisi ini termasuk hal yang wajar dialami para remaja kok.

Hal pertama yang perlu kamu pahami adalah menstruasi sebenarnya nggak datang berulang berdasarkan tanggal yang sama setiap bulannya. Karena yang benar adalah menstruasi akan dialami para cewek sesuai dengan siklus biologisnya. Siklus yang dimaksud adalah jarak atau rentang waktu dari hari pertama menstruasi sampai menstruasi berikutnya. Rentang waktu inilah yang disebut sebagai siklus menstruasi.

Siklus menstruasi yang normal akan berulang secara tepat waktu, kalau hormon reproduksi dalam tubuhmu seimbang. Tapi, sayangnya hal ini nggak selalu dialami semua cewek di usia remaja. Karena saat usia remaja, tubuh seorang cewek masih dalam proses penyempurnaan, termasuk sistem reproduksi. Makanya, tubuhmu belum bisa mengatur siklus menstruasi dengan baik. Jadi nggak aneh kalau siklus menstruasimu biasanya teratur, lalu tiba-tiba tertunda beberapa hari atau mungkin datang terlalu cepat. Karena sebenarnya tubuhmu memerlukan waktu rata-rata dua sampai tiga tahun (terhitung sejak menstruasi pertama) untuk membentuk siklus menstruasi yang tepat dan teratur.

So, mulai sekarang kamu nggak perlu panik lagi ya, kalau siklus menstruasimu tiba-tiba berubah! Asalkan masih dalam kondisi yang wajar, maka nggak bakal berbahaya untuk tubuhmu, Girls. Pastikan kamu menerapkan pola hidup sehat, supaya proses pertumbuhanmu berlangsung dengan baik. Jadi, saat memasuki akhir masa pertumbuhanmu, yaitu di usia 20 tahun, siklus menstruasimu akan berulang secara teratur!

Ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini yuk, supaya mereka nggak panik lagi kalau menstruasinya tiba-tiba nggak teratur!

Related Articles

First Timer
26 Sep 2019

Sambut Menstruasi dengan Happy!

Kamu pernah mengalami bad day nggak sih, Girls? Di mana satu hari itu perasaan kamu tiba-tiba nggak ...
First Timer
11 Sep 2019

Jangan Gampang Percaya Sama Mitos Menstruasi!

Kamu sering dengar nasehat kuno tentang menstruasi nggak, Girls? Kadang nasehat kuno itu bagian dari...
First Timer
11 Nov 2021

Benarkah Obesitas Bisa Ganggu Siklus Menstruasi?

Kebijakan bekerja dan sekolah dari rumah membuat beberapa orang jarang olahraga ke luar rumah dan le...