Menstruasi Itu Apa sih?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Menstruasi Itu Apa sih?

Menstruasi Itu Apa sih?

04 Oct 2019

Menstruasi Itu Apa sih?

Setelah seorang cewek mengalami masa puber, seperti tumbuhnya payudara, biasanya cewek akan mengalami menstruasi. Kamu pasti tau itu kan? Menstruasi pertama atau menarche rata-rata dialami cewek pada usia 12 tahun, tapi bisa kurang atau lebih dari usia itu karena setiap cewek pada dasarnya unik, Girls.

Cairan menstruasi akan dikeluarkan tubuh dari dalam rahim melalui vagina. Rahim adalah organ reproduksi yang bentuknya seperti buah pir, dan berfungsi sebagai tempat berkembangnya embrio atau janin selama seorang cewek lagi hamil. Sedangkan, vagina adalah saluran lahir dan jalan keluar untuk cairan menstruasi.

Selama menstruasi, biasanya para cewek akan mengalami pendarahan yang berat dua sampai tiga hari dan perdarahan ringan dua sampai empat hari. Cairan yang keluar selama menstruasi sebenarnya adalah campuran antara darah dan lapisan dinding rahim bagian dalam. Volume darah yang keluar rata-rata 114 – 150 ml setiap kali menstruasi. Jadi sebenarnya nggak terlalu banyak kan, Girls?

Nah, sekarang kamu tau jadi tau kan, informasi dasar tentang menstruasi? Mulai dari nama lain menstruasi pertama sampai banyaknya volume darah setiap kali kamu menstruasi. Kalau kamu udah tau hal-hal di atas, kamu bisa perluas lagi deh, pengetahuanmu tentang menstruasi, Girls.

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka tau info dasar tentang menstruasi!

Related Articles

First Timer
17 Sep 2019

Kenapa Aku Sering Bad Mood Pas Mau Menstruasi?

Banyak cewek yang mengalami serangan bad mood menjelang menstruasi. Kamu termasuk salah satunya ngga...
First Timer
14 Nov 2019

Apa yang Salah Sama Gigi dan Gusiku?

Girls, kamu sadar nggak sih, kalau menjelang menstruasi pasti gusimu jadi gampang berdarah dan gigi ...
First Timer
11 Sep 2019

PMS Itu Bukan Penyakit!

Udah bukan hal yang aneh kalau mendengar cewek mengeluh nyeri dan nggak nyaman setiap menjelang mens...