Menstruasi di Kelas? Nggak Masalah tuh!
ask dr laurier

Menstruasi di Kelas? Nggak Masalah tuh!

Menstruasi di Kelas? Nggak Masalah tuh!

29 Nov 2019

Menstruasi di Kelas? Nggak Masalah tuh!

Kamu pernah nggak, tiba-tiba merasa nggak nyaman saat duduk pas lagi asik menyimak pelajaran favoritmu? Duh, kira-kira ini kenapa ya? Kalau kamu mengalami hal ini, sebaiknya harus langsung kamu pastikan, Girls. Bisa jadi kamu ternyata mengalami menstruasi lho! Makanya sebelum terjadi “kecelakaan", mending kamu bilang ke gurumu untuk ijin sebentar ke toilet, supaya bisa memakai pembalut.

Eh, tapi kalau canggung ngomongnya, gimana dong? Tenang aja, Girls! Kamu tinggal lakukan cara-cara berikut ini, biar nggak canggung sama gurumu!

  • Tetap tenang. Di usia remaja, masih sangat wajar kalau menstruasimu terjadi nggak teratur. So, nggak perlu panik, Girls, ini hal yang wajar banget kok. Selama kamu selalu menyediakan menstrual kit di tas, maka sebenarnya kamu cuma perlu ke toilet, memastikan kondisimu, dan memasang pembalut. Simple kan?
  • Minta ijin sama guru.Tentang urusan cewek yang satu ini, guru pasti juga tau kok. So, asalkan kamu jujur, dengan kata lain nggak cuma cari alasan buat keluar kelas, nggak ada salahnya bilang ke guru yang lagi mengajar untuk minta ijin ke toilet.
  • Jangan malu. Kalau ternyata guru yang lagi mengajar adalah laki-laki, dalam kondisi mendesak, nggak perlu malu pada pak guru. Biar jelas dan nggak banyak bicara, sebaiknya saat mendatangi guru, kamu udah sekalian membawa menstrual kit, sambil menunjukkannya, jadi bisa langsung ke toilet setelah diijinkan.
  • Peraturan sekolah yang ketat. Pada sekolah tertentu, ada peraturan ketat yang nggak memperbolehkan siswa meninggalkan ruang kelas selama pelajaran berlangsung. Kalau peraturan sekolahmu juga seperti itu, maka sebaiknya kamu mengecek kondisimu pada saat istirahat, atau beberapa saat sebelum waktu istirahat berakhir. Siapa tau kamu mengalami menstruasi, sehingga perlu memakai atau mengganti pembalut.

So, nggak perlu cemas lagi ya, Girls! Catat hari pertama menstruasimu setiap kali terjadi, maka kamu bisa mempersiapkan dirimu untuk menghindari “kecelakaan”. Have fun and stay active, Girls!

Ajak teman-teman cewekmu baca artikel ini yuk, Girls! Supaya mereka juga nggak canggung bilang ke guru saat tiba-tiba mengalami menstruasi!

Related Articles
First Timer
13 Nov 2020

Rekomendasi Pembalut Berdasarkan Kondisi Menstruasi Kamu

Memilih pembalut menstruasi itu memang cukup tricky karena merk serta jenis yang tersedia di pasaran...
First Timer
17 Jun 2019

Berat Badan Ada Hubungannya Sama Siklus Menstruasi?

Setiap cewek pasti bakalan takut kalau berat badannya bertambah, benar nggak, Girls? Biasanya karena...
First Timer
22 Aug 2019

Duh, Keringat Bikin Nggak Nyaman!

Kalau lagi menstruasi pasti ada aja yang bikin kamu nggak nyaman. Mulai dari gejala PMS seperti nyer...