ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Menstruasi Deras di Pagi Hari, Kenapa ya?

Menstruasi Deras di Pagi Hari, Kenapa ya?

Author: Tim Edukasi Laurier

18 Dec 2019

Menstruasi Deras di Pagi Hari, Kenapa ya?

Saat menstruasi, kamu pernah nggak, Girls, pas bangun tidur tiba-tiba merasakan aliran darah menstruasimu mengalir deras? Pastinya kamu langsung panik, dan buru-buru ke toilet supaya nggak bocor di tempat. Kondisi ini sebenarnya normal kok, dan bisa saja terjadi setiap pagi selama kamu menstruasi. Aliran darah menstruasi yang terasa deras itu, berhubungan dengan posisi tubuhmu saat tidur lho, Girls.

Saat tidur, posisi tubuh cenderung horisontal. Akibatnya darah menstruasi yang seharusnya mengalir langsung ke luar melalui saluran vagina, tertampung dan baru keluar ketika posisi tubuh kembali tegak lurus setelah kamu bangkit dari tempat tidur. Hmm…terus bagaimana memastikan kondisi di pagi hari supaya terhindar dari bocor? Tenang, caranya gampang kok.

Gunakan saja pembalut malam sejak sebelum kamu tidur. Bentuk dan ukuran pembalut malam yang dibuat berbeda, lebih panjang, dan melebar di bagian belakang, cenderung melindungi dari kebocoran. Selain itu, memang sebaiknya segera mandi setelah bangun pagi, ketika menstruasi. Supaya tubuhmu terasa bersih dan kembali segar.

Nah, udah jelas kan, Girls, kenapa di pagi hari darahmu mengalir deras? Coba lakukan tips di atas, supaya terhindar dari bocor ya, Girls. Tapi, kalau dirasa derasnya darahmu berlangsung selama seharian sampai kamu harus mengganti pembalutmu lebih dari 6 kali, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut ya. Be aware, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu yang lain baca artikel ini, Girls! Supaya mereka juga mengetahui penyebab darah yang mengalir deras di pagi hari saat mereka menstruasi!

Related Articles

Author: Tim Edukasi Laurier
05 Dec 2019

Tampil Bersih dan Sehat Selama Menstruasi

Saat menstruasi, hal pertama yang kamu pikirkan pasti pembalut andalan yang bisa bikin kamu nyaman d...
Author: Tim Edukasi Laurier
23 Aug 2019

Trik Simple Bersihkan Noda Bekas Tembus

Mengalami kejadian tembus pas menstruasi memang hal yang nggak menyenangkan banget. Kadang hal ini b...
Author: Tim Edukasi Laurier
10 Dec 2019

Tips Membersihkan Pembalut yang Baik dan Benar

Girls, kamu tau nggak, ternyata pembalut sekali pakai yang kamu gunakan sehari-hari, terbuat dari ba...