Menstruasi Cuma Sehari, Wajar Nggak sih?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Menstruasi Cuma Sehari, Wajar Nggak sih?

Menstruasi Cuma Sehari, Wajar Nggak sih?

18 Dec 2019

Menstruasi Cuma Sehari, Wajar Nggak sih?

Kamu pernah mengalami menstruasi yang hanya terjadi sehari nggak, Girls? Hmm…itu menstruasi atau bukan ya? Sebenarnya, dari data medis, diketahui bahwa menstruasi yang normal berlangsung antara 3 - 10 hari, Girls. Sekalipun rata-rata cewek mengalami menstruasi antara 5 - 7 hari. Ini berarti menstruasi yang paling sedikit berlangsung seharusnya 3 hari. Terhitung sejak bercak pertama terlihat sampai benar-benar bersih. Faktor yang bisa menyebabkan terjadinya perubahan siklus dan lama menstruasi antara lain, adalah perubahan pola tidur, stres, kebiasaan makan yang buruk, olahraga berlebihan, dan infeksi di saluran reproduksi.

Di masa pertumbuhanmu ini, sangat mungkin terjadi perubahan siklus mensturasi, terutama menstruasi yang terjadi hanya sedikit, dan berlangsung kurang dari 3 hari. Hal ini disebabkan karena pada usia pertumbuhanmu, sistem reproduksi belum bisa menghasilkan hormon reproduksi yang seimbang untuk mengatur siklus menstruasi terjadi secara teratur.

So, kamu nggak perlu panik ya, Girls. Supaya hal ini nggak sering terjadi, pastikan kamu selama masa pertumbuhan ini, selalu mengonsumsi makanan bernutrisi, istirahat cukup dan teratur berolahraga. Kalau tubuh kamu sehat, maka menstruasi pun akan lancar, Girls.

Yuk, ajak teman-teman cewekmu baca artikel ini ya, Girls! Supaya mereka juga mengetahui penyebab menstruasi yang hanya sehari dan mewaspadainya!

Related Articles

First Timer
03 Sep 2019

Beli Pembalut Sendiri? Duh, Malu!

Sampai sekarang masih ada nggak nih, yang malu kalau mau beli pembalut? Hayo ngaku, Girls! Hal ini b...
First Timer
17 Dec 2019

Pilihan Celana Dalam yang Tepat Selama Menstruasi

Girls, sebenarnya nggak ada aturan khusus, tentang jenis celana dalam yang harus kamu gunakan saat m...
First Timer
12 Sep 2019

Trik Supaya Nggak Tembus di Sekolah

Saat usia remaja, kejadian ‘tembus’ di sekolah memang bisa dialami siapa aja. Hal ini di...