ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Menstruasi Bikin Sering Kebelet, Kenapa sih?

Menstruasi Bikin Sering Kebelet, Kenapa sih?

02 Oct 2019

Menstruasi Bikin Sering Kebelet, Kenapa sih?

Beberapa saat sebelum menstruasi, selain payudara yang mulai terasa kencang sampai mood yang gampang berubah, ternyata ada hal lain yang bisa tejadi dan berbeda dari kebiasaanmu lho. Apa tuh? Kamu jadi sering mondar-mandir ke toilet untuk buang air kecil. Kamu pernah mengalaminya nggak, Girls? Kalau pernah, kira-kira kenapa ya?

Sehubungan dengan gejala sering buang air kecil ini, maka kamu bisa memperhatikan saat menjelang menstruasi, perutmu cenderung membesar. Hal itu disebabkan karena terjadinya pengumpulan cairan di dalam rongga perut menjelang menstruasi.

Pada saat PMS, biasanya hormon reproduksi yang punya peran paling penting adalah progesteron. Di masa ini, kadar hormon progesteron akan meningkat tinggi dan berfungsi untuk mengumpulkan cairan. Proses pengumpulan cairan itu dimaksudkan untuk menyiapkan janin saat terjadi pembuahan. Kalau nggak terjadi pembuahan dan kadar hormon mulai turun, cairan itu akan terpaksa dikeluarkan dari dalam tubuh, makanya kamu jadi sering buang air kecil.

Jadi, hal ini sama sekali bukan gangguan kesehatan ya, Girls! Tapi walaupun begitu, ada beberapa hal yang tetap harus kamu perhatikan setiap kali habis buang air kecil nih, yaitu:

  • Bersihkan area vagina dengan air bersih
  • Gerakan membersihkan dilakukan dari arah depan ke belakang
  • Keringkan area vaginamu supaya nggak lembap
  • Kalau kamu mengeringkannya dengan tisu, pilih tisu yang nggak mengandung pewangi, karena untuk meminimalisir terjadinya alergi dan iritasi kulit di area ini.

Nah, sekarang udah jelas kan, kenapa kamu jadi sering buang air kecil pas menstruasi? Kondisi itu bukan suatu penyakit, melainkan karena adanya pengumpulan cairan yang harus dikeluarkan saat nggak terjadi pembuahan di dalam rahim. So, mulai sekarang kamu harus lebih memperhatikan kesehatan dirimu terutama pas menstruasi ya, Girls!

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka tau info tentang ini!

Related Articles

First Timer
05 Dec 2019

Banyak Makan Pas PMS? Wajar Nggak sih?

Menjelang menstruasi sebagian cewek umumnya ingin mengemil dan makan lebih banyak dari porsi yang bi...
First Timer
11 Nov 2019

Nyeri Hebat di Antara Siklus Menstruasi

Girls, kamu pernah nggak sih, mengalami kram atau nyeri hebat di antara dua periode menstruasi? Coba...
First Timer
19 Aug 2019

Gejala Nyeri Menstruasi yang Harus Kamu Waspadai

Girls, kamu pernah nggak sih, merasakan nyeri di bagian perut pas lagi menstruasi? Nah, sebenarnya k...