Menstruasi Bikin Sering Kebelet, Kenapa sih?
ask dr laurier

Menstruasi Bikin Sering Kebelet, Kenapa sih?

Menstruasi Bikin Sering Kebelet, Kenapa sih?

02 Oct 2019

Menstruasi Bikin Sering Kebelet, Kenapa sih?

Beberapa saat sebelum menstruasi, selain payudara yang mulai terasa kencang sampai mood yang gampang berubah, ternyata ada hal lain yang bisa tejadi dan berbeda dari kebiasaanmu lho. Apa tuh? Kamu jadi sering mondar-mandir ke toilet untuk buang air kecil. Kamu pernah mengalaminya nggak, Girls? Kalau pernah, kira-kira kenapa ya?

Sehubungan dengan gejala sering buang air kecil ini, maka kamu bisa memperhatikan saat menjelang menstruasi, perutmu cenderung membesar. Hal itu disebabkan karena terjadinya pengumpulan cairan di dalam rongga perut menjelang menstruasi.

Pada saat PMS, biasanya hormon reproduksi yang punya peran paling penting adalah progesteron. Di masa ini, kadar hormon progesteron akan meningkat tinggi dan berfungsi untuk mengumpulkan cairan. Proses pengumpulan cairan itu dimaksudkan untuk menyiapkan janin saat terjadi pembuahan. Kalau nggak terjadi pembuahan dan kadar hormon mulai turun, cairan itu akan terpaksa dikeluarkan dari dalam tubuh, makanya kamu jadi sering buang air kecil.

Jadi, hal ini sama sekali bukan gangguan kesehatan ya, Girls! Tapi walaupun begitu, ada beberapa hal yang tetap harus kamu perhatikan setiap kali habis buang air kecil nih, yaitu:

  • Bersihkan area vagina dengan air bersih
  • Gerakan membersihkan dilakukan dari arah depan ke belakang
  • Keringkan area vaginamu supaya nggak lembap
  • Kalau kamu mengeringkannya dengan tisu, pilih tisu yang nggak mengandung pewangi, karena untuk meminimalisir terjadinya alergi dan iritasi kulit di area ini.

Nah, sekarang udah jelas kan, kenapa kamu jadi sering buang air kecil pas menstruasi? Kondisi itu bukan suatu penyakit, melainkan karena adanya pengumpulan cairan yang harus dikeluarkan saat nggak terjadi pembuahan di dalam rahim. So, mulai sekarang kamu harus lebih memperhatikan kesehatan dirimu terutama pas menstruasi ya, Girls!

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka tau info tentang ini!

Related Articles
First Timer
11 Oct 2019

Bersih dan Segar Setelah Menstruasi

Setelah menstruasi, kamu sering merasa aroma vaginamu jadi cenderung tajam nggak sih, Girls? Kondisi...
First Timer
30 Sep 2019

Hindari 4 Hal Ini Supaya Miss V Nggak Cedera!

Girls, kamu pernah nggak sih, mengalami cedera di sekitar vaginamu tapi kamu nggak sadar sama penyeb...
First Timer
12 Sep 2019

Trik Supaya Nggak Tembus di Sekolah

Saat usia remaja, kejadian ‘tembus’ di sekolah memang bisa dialami siapa aja. Hal ini di...