Menstruasi Berhenti Pas Berenang? Kok, Bisa?
ask dr laurier

Menstruasi Berhenti Pas Berenang? Kok, Bisa?

Menstruasi Berhenti Pas Berenang? Kok, Bisa?

25 Sep 2019

Menstruasi Berhenti Pas Berenang? Kok, Bisa?

Kamu pernah mendengar cerita temanmu berenang pas menstruasi terus tiba-tiba darahnya berhenti keluar nggak, Girls? Atau mungkin kamu mengalaminya sendiri? Hmm...pasti kamu bingung kenapa hal itu bisa terjadi, iya kan?

Sebenarnya, aliran darah menstruasi itu nggak berhenti saat kamu masuk ke dalam kolam renang, Girls. Tapi, tekanan air yang membuat aliran darah menstruasi yang akan keluar dari tubuhmu jadi terhambat. So, nggak benar tuh, kalau ada yang bilang darah menstruasi berhenti karena suhu dingin air di kolam renang.

Penjelasan yang benar adalah saat kamu berenang, tubuhmu cenderung lebih sering berada pada posisi horizontal. Sehingga, daya gravitasi bumi nggak bisa bekerja secara optimal untuk membantu mengeluarkan darah menstruasi dari tubuhmu seperti saat tubuhmu dalam posisi vertikal. Kondisi ini juga bisa terjadi pas kamu tidur malam atau berbaring, jadi nggak cuma terjadi pas berenang aja, Girls.

Kalau kamu udah selesai berenang, langsung aja berdiri tegak selama beberapa menit. Darah menstruasimu pasti akan mengalir lagi dengan normal. So, mulai sekarang kamu nggak usah percaya kalau ada yang bilang menstruasi bakal berhenti karena suhu dingin di kolam renang ya, Girls!

Share info ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka tau kenapa darah menstruasinya bisa berhenti saat berenang!

Related Articles
First Timer
22 Aug 2019

Duh, Keringat Bikin Nggak Nyaman!

Kalau lagi menstruasi pasti ada aja yang bikin kamu nggak nyaman. Mulai dari gejala PMS seperti nyer...
First Timer
06 Aug 2019

4 Kategori Gejala PMS yang Biasa Dialami Cewek

Girls, kamu udah paham kan, apa itu PMS? PMS biasanya dirasakan seminggu sebelum menstruasi, mulai d...
First Timer
21 Oct 2021

Menstruasi Kamu Tidak Teratur? Awas Bahaya PCOS 

Mengalami siklus menstruasi yang gak teratur emang bikin hati jadi risau. Selain pengaruh ke mood, s...