ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Menstruasi Bebas Bad Mood

Menstruasi Bebas Bad Mood

26 Sep 2019

Menstruasi Bebas Bad Mood

Kamu termasuk orang yang cepat mengatasi bad mood pas menstruasi nggak, Girls? Untuk mengatasi rasa bad mood, biasanya para cewek jadi suka ngemil karena menganggap itu bisa bikin happy. Setuju nggak, Girls? Padahal belum tentu lho, apalagi kalau camilan yang kamu konsumsi itu sembarangan. Bukannya happy, kamu malah jadi galau gara-gara berat badanmu naik. Duh, jangan sampai deh!

Rasa bad mood yang kamu alami menjelang menstruasi itu terjadi karena kadar hormon reproduksi di dalam tubuhmu lagi nggak seimbang. Hal itu menyebabkan respons dari semua sistem tubuh, termasuk sistem pengendali emosi. Akhirnya, kamu jadi sering mengalami emosi yang nggak stabil seperti gampang tersinggung, menangis atau sensitif. Tapi tenang aja, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan hal-hal berikut ini, Girls:

  • Lakukan berbagai aktivitas

Bad mood bisa disebabkan karena hal-hal yang sering kamu lakukan seperti menonton film romantis. So, sesekali kamu bisa coba menonton film dengan genre yang berbeda seperti action atau thriller. Selain itu, kalau kegiatanmu membantu mama di rumah lebih sering membersihkan meja makan, coba bertukar sama adik atau kakakmu supaya kamu nggak bad mood lagi, Girls.

  • Berinisiatif

Daripada kamu menunggu temanmu untuk mengajak keluar, mending kamu berinisiatif mengajak mereka duluan untuk hangout belanja, makan-makan atau cuma ngobrol-ngobrol santai.

  • Membantu mama atau teman

Melakukan kebaikan untuk orang lain bisa bikin kamu jadi merasa lebih berarti karena udah meringankan beban orang yang kamu bantu. Misalnya, membantu mama beres-beres rumah atau menemani teman yang mau beli sesuatu dan butuh masukan dari kamu.

  • Olahraga

Olahraga udah terbukti bisa membuat perasaanmu jadi lebih happy, karena saat berolahraga tubuhmu memicu produksi endorfin, yaitu hormon yang bisa bikin mood-mu jadi baik lagi.

  • Pantang menyerah

Coba deh, lawan emosi negatifmu seperti sedih atau bosan. Karena sebenarnya rasa menyenangkan yang kamu jalani itu bergantung banget sama sikap dan kebiasaanmu, Girls. Jadi, tingkatkan lagi positive thinking-mu ya!

Kamu tau nggak sih, sebenarnya para cewek itu bisa lebih cerdas daripada yang kamu pikirkan lho. Karena kalau lagi bad mood, pasti kamu akan mencari cara untuk mengatasinya, iya kan, Girls? Jadi, jangan ragu untuk mencoba sesuatu saat merasa bad mood menjelang menstruasi ya, siapa tau hal yang kamu lakukan itu ampuh untuk mengatasi emosimu. Tapi kalau kamu masih bingung, kamu bisa coba lakukan beberapa hal di atas supaya kamu bisa happy lagi. So, enjoy your day, Girls!

Kamu punya cara mengatasi bad mood selain di atas? Tulis di kolom komentar yuk! Jangan lupa juga ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka bisa mengatasi bad mood-nya!

Related Articles

First Timer
20 Aug 2019

2 Hal yang Jadi Masalah Cewek Pas Menstruasi

Walaupun udah jadi rutinitas bulanan, menstruasi kadang masih suka bikin khawatir dan nggak nyaman. ...
First Timer
28 Nov 2019

Nyeri Pas PMS Bisa Hilang Nggak ya?

Girls, nyeri menstruasi atau yang lebih dikenal sebagai dysmenorrhea bisa dialami kamu sejak menstru...
First Timer
10 Dec 2019

Tips Membersihkan Pembalut yang Baik dan Benar

Girls, kamu tau nggak, ternyata pembalut sekali pakai yang kamu gunakan sehari-hari, terbuat dari ba...