Menjelang Menstruasi Boleh Makan Ini Nggak sih?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Menjelang Menstruasi Boleh Makan Ini Nggak sih?

Menjelang Menstruasi Boleh Makan Ini Nggak sih?

19 Nov 2019

Menjelang Menstruasi Boleh Makan Ini Nggak sih?

Girls, kamu sadar nggak sih, pas menjelang menstruasi kamu jadi ingin ngemil lebih banyak dari biasanya? Misalnya, ingin makan cokelat terus-menerus. Hmm…kamu nggak perlu kaget, hal ini memang sering dialami cewek menjelang menstruasi kok. Kondisi ini disebabkan karena respon tubuhmu terhadap naik turunnya kadar hormon reproduksi.

Kamu harus ingat ya, Girls, kalau menstruasi itu bukan gangguan kesehatan, dan kamu boleh mengonsumsi berbagai jenis makanan kok. Tapi walaupun begitu, jangan mengonsumsi jenis makanan seperti di bawah ini secara berlebihan ya, karena bisa menyebabkan kondisimu semakin buruk menjelang PMS!

  • Cokelat dan permen

Kalau kamu mengonsumsi cokelat atau permen terlalu banyak, maka bisa menyebabkan meningkatnya asupan gula ke dalam tubuhmu lho, Girls. Asupan gula yang berlebih akan memperburuk pengendalian emosimu, sehingga bisa membuatmu lebih gampang bete dan sensitif.

  • Garam

Mengonsumsi garam berlebihan akan menyebabkan pengumpulan cairan berlebih di dalam tubuhmu. Selain itu, juga bisa mengakibatkan terjadinya kembung dan pembengkakan sendi pada mata kaki atau jarimu, Girls.

  • Kafein

Sebaiknya kamu juga kurangi mengonsumsi kopi dan teh. Karena kafein yang terkandung dalam kopi dan teh akan membuat payudaramu terasa nyeri dan memicu kecemasan. Kedua gejala tersebut memang akan sering dialami menjelang kamu menstruasi, Girls.

Tapi kamu nggak perlu cemas ya, Girls. Ada juga jenis makanan yang bisa membantumu untuk mengatasi berbagai gangguan menjelang menstruasi lho! Apa aja tuh?

  • Susu, jeruk, tahu, dan brokoli

Sebaiknya kamu mengonsumsi susu dan produk olahan susu yang mengandung kalsium, orange juice, tahu dan juga brokoli. Bila kamu mengonsumsinya dengan cukup, maka itu bisa membantu meredakan dan mencegah terjadinya kram, Girls.

  • Roti gandum dan sereal

Serat yang terkandung dalam kedua makanan tersebut bisa mengurangi gangguan BAB yang biasanya bakal kamu alami menjelang menstruasi. Serat juga bisa kamu konsumsi dari buah dan sayuran segar ya, Girls!

  • Ketimun dan semangka

Sebenarnya nggak ada larangan buat kamu untuk mengonsumsi ketimun dan semangka kok, karena semua itu sebenarnya cuma mitos aja. Justru kedua makanan itu bisa membantumu untuk menambah cairan tubuh, mencegah terjadinya kembung, dan pembengkakan lainnya. Ketimun dan semangka bisa menjadi pelengkap yang baik buat tubuhmu, selain dengan minum 8 gelas air sehari lho, Girls!

Nah, sekarang kamu udah tau kan, mana yang baik untuk kamu konsumsi? Mulai sekarang perhatikan jenis makanan yang kamu pilih, dan juga tetap jaga pola makanmu menjelang menstruasi ya, Girls! Supaya pas kamu menstruasi, nggak ada lagi gangguan yang bisa menghambat aktivitasmu. Be wise, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-teman cewekmu, Girls! Supaya mereka juga bisa memperhatikan apa yang mereka konsumsi menjelang menstruasi!

Related Articles

First Timer
19 May 2021

Tantangan Menstruasi Ekstra Deras dan Cara Mengatasinya

Hai girls! Pernah gak sih kamu merasa kalau tiba-tiba volume darah menstruasi keluar banyak banget? ...
First Timer
25 Nov 2021

Seberapa Sabarkah Kamu?

Kata orang, sabar itu ada batasnya. Kamu mungkin merasa udah jadi orang yang sabar, tapi seberapa sa...
First Timer
22 Aug 2019

Duh, Keringat Bikin Nggak Nyaman!

Kalau lagi menstruasi pasti ada aja yang bikin kamu nggak nyaman. Mulai dari gejala PMS seperti nyer...