ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Mengapa Olahraga Berlebihan Bisa Pengaruhi Siklus Menstruasi?

Mengapa Olahraga Berlebihan Bisa Pengaruhi Siklus Menstruasi?

22 Apr 2024

Mengapa Olahraga Berlebihan Bisa Pengaruhi Siklus Menstruasi?

Tubuh akan mengalami banyak perubahan saat kamu mulai melakukan olahraga secara rutin, seperti perubahan pada massa otot dan kadar lemak. Namun, perubahan tersebut bisa menjadi positif maupun negatif tergantung pada intensitas olahraga yang dilakukan.

Bagi perempuan, olahraga juga ternyata bisa membantu menstruasimu menjadi lebih lancar, lho. Namun, jika dilakukan secara berlebihan maka dampaknya justru bisa menjadi kurang baik. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan apa saja dampak positif dan negatif dari olahraga terhadap menstruasimu.

Pengaruh Positif Olahraga Terhadap Menstruasi

Banyak perempuan yang memilih untuk berhenti berolahraga sementara saat menstruasi datang. Padahal, selama olahraga yang dilakukan dalam batas wajar atau tidak berlebihan ternyata bisa memberikan efek positif pada tubuh saat sedang menstruasi, loh.

Baca Juga: Bolehkah Olahraga Saat Menstruasi?

Berikut ini adalah beberapa efek positif yang bisa kamu rasakan jika tetap melakukan olahraga rutin saat sedang menstruasi:

  • Mengurangi Kram Perut

Kram perut sering menjadi salah satu alasan orang berhenti olahraga sementara saat menstruasi. Padahal, ternyata olahraga justru bisa membantu mengatasi masalah kram perut yang dirasakan.

Saat berolahraga, tubuh akan memicu produksi endorfin, yaitu zat alami dalam tubuh yang berfungsi sebagai pereda nyeri. Dengan begitu, kamu tidak terlalu merasakan sakit akibat kram perut saat menstruasi. Namun, ada baiknya kamu melakukan olahraga yang cukup ringan, seperti berjalan kaki atau jogging.

  • Melancarkan Aliran Darah

Pengaruh selanjutnya berkaitan dengan estrogen dan lemak pada tubuh. Saat kadar lemak tubuh tinggi, maka semakin banyak pula estrogen yang akan diproduksi jaringan lemak. Hal ini akan menyebabkan terjadinya penebalan dinding rahim, sehingga darah yang keluar pada awal menstruasi menjadi banyak dan bisa juga menyebabkan darah haid menggumpal.

Namun, penurunan kadar lemak yang terjadi saat kamu rutin berolahraga akan membantu tubuh menyeimbangkan hormon. Salah satunya yaitu membuat produksi estrogen dalam jumlah wajar dan mencegah terjadinya penebalan dinding rahim, sehingga aliran darah menstruasi menjadi lebih lancar dan tidak berlebihan.

Selain itu, aktivitas olahraga yang dilakukan juga akan memperlancar aliran darah dalam tubuh secara keseluruhan. Itulah mengapa, jika kamu melakukan olahraga saat menstruasi disarankan untuk menggunakan pembalut dengan daya serap yang tinggi, sehingga aman dari risiko bocor.

Related Articles

First Timer
22 Nov 2019

Puber Itu Apa dan Kapan sih?

Girls, pasti kamu udah sering dengar kata “puber” kan? Nah, puber sebenarnya istilah yan...
First Timer
22 Dec 2021

Sakit Menstruasi yang Mengganggu? Waspada Miom! 

Beberapa wanita yang organ reproduksinya sudah aktif, seringkali dihantui dengan adanya risiko penya...
First Timer
07 Oct 2019

Cara Aman Pakai Toilet Umum

Girls, mungkin selama ini kamu mikir kalau toilet umum itu cuma yang ada di stasiun, terminal atau b...