Masih Zaman Stres Pas Menstruasi?!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Masih Zaman Stres Pas Menstruasi?!

Masih Zaman Stres Pas Menstruasi?!

27 Aug 2019

Masih Zaman Stres Pas Menstruasi?!

Saat menstruasi, kadar hormon reproduksimu pasti nggak stabil dan membuat emosimu kadang jadi labil atau malah sampai stres karena faktor dari luar. Benar nggak, Girls? Duh, kalau kamu mengalami kondisi itu malah bisa bikin suasana antara kamu dan orang di sekitarmu jadi nggak nyaman nih! Kamu pasti nggak mau kan, hal itu terjadi? Nah, supaya kamu terhindar dari stres pas lagi menstruasi, coba lakukan beberapa hal di bawah ini yuk!

  • Minum secangkir teh

Penelitian yang dilakukan di University College, London menemukan ada 75 responden yang mengonsumsi dua cangkir teh hitam sebelum mengerjakan kegiatan yang bisa memicu stresnya. Mereka yang meminum teh memiliki 47% kadar hormon kortisol yang berfungsi untuk mengendalikan stres, dibandingkan responden yang nggak minum teh selama menstruasinya.

  • Marah

Hasil penelitian yang dipublikasikan di Leadership Organization Development Journal menjelaskan kalau seseorang yang marah dan mengumpat, maka tingkat ketegangannya akan mereda. Tapi ingat ya, jangan melakukannya di depan orang banyak. Supaya aman, kamu bisa mengumpat atau marah-marah pas lagi sendirian di kamar mandi, Girls!

  • Pijat

Accupresure adalah teknik terbaik yang bisa meredakan ketegangan. Menurut para ahli dari Hong Kong Polytechnic University, 39% ketegangan akan mereda setelah kamu menjalani accupresure. Lakukanlah pijatan ini dengan cara menekan titik di antara jari telunjuk dan ibu jari selama 20 – 30 detik.

  • Mengonsumsi cokelat

Kandungan flavonoid di dalam cokelat bisa membuat pembuluh darah menjadi relaks, sehingga tekanan darahmu bakal menurun, Girls. Jenis cokelat yang bisa kamu konsumsi adalah dark chocolate atau bubuk cokelat, karena punya banyak unsur pereda stres daripada milk chocolate.

  • Tertawa

Hasil penelitan yang dilakukan oleh para ahli di Loma Linda University of California menyatakan kalau saat kamu tertawa, kadar hormon stres seperti dopac dan cortisol dalam tubuhmu akan menurun.

  • Mengonsumsi lemak

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di University of Pittsburgh, perempuan yang memiliki kadar EPA, DHA, asam lemak Omega 3 yang tinggi di dalam darahnya cenderung lebih bahagia, nggak impulsif dan gampang diajak bekerja sama. Makanya, konsumsilah jenis makanan yang banyak mengandung Omega 3, seperti ikan salmon atau sarden. Kalau perlu kamu juga bisa meminum suplemen minyak ikan yang mengandung EPA dan DHA.

Gimana? Simple banget kan, Girls? Kalau kamu lagi merasakan emosi yang labil atau stres menjelang menstruasi, jangan dibiarkan begitu aja ya! Karena kondisi ini bisa aja bikin kamu jadi serba salah dalam menjalankan aktivitasmu. So, coba lakukan beberapa hal di atas yuk, supaya emosimu lebih terkendali dan nggak membuatmu stres pas lagi menstruasi!

Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka tau cara mengendalikan stresnya saat menstruasi!

Related Articles

First Timer
27 Sep 2019

Jangan Tunda Buang Air Kecil!

Girls, kamu pernah nggak sih, pas mau buang air kecil malah harus ditahan dulu karena lagi in the mi...
First Timer
31 Aug 2019

Kok, Aku Nggak Merasakan PMS ya?

Teman-temanmu sering mengeluhkan nyeri perut, sakit kepala, moody atau tiba-tiba ingin ngemil menjel...
First Timer
23 Dec 2021

Tips Mudah Memutihkan Selangkangan

Selangkangan yang menghitam mungkin bikin kurang pede bagi sebagian wanita. Belum lagi kalau ditamba...