Masa Subur Itu Apa sih?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Masa Subur Itu Apa sih?

Masa Subur Itu Apa sih?

27 Nov 2019

Masa Subur Itu Apa sih?

Girls, kamu tau nggak, sebenarnya ada makna lain dibalik masa pubermu? Setelah kamu mengalami perubahan bentuk tubuh dan menstruasi, yang terjadi antara usia 11 sampai 14 tahun, maka tubuhmu udah siap untuk menghasilkan sel telur matang lho. Saat lahir, tubuh seorang perempuan udah memiliki tabungan sekitar 300.000 – 400.000 sel telur yang ada di kedua ovarium, Girls.

Nah, dari sejumlah sel telur itu, yang bisa dimatangkan dan dilepaskan kira-kira sebanyak 300 – 500 sel telur. Selama berlangsungnya proses pelepasan sel telur matang ini, berarti secara fisik, seorang anak perempuan dapat hamil karena sistem reproduksinya udah berfungsi, sekalipun dari sisi emosional dan psikologis belum siap.

Sel telur yang matang tersebut bisa bertahan rata-rata 3 hari sejak dilepaskan dari indung telur. Periode yang kamu alami ini biasa dikenal sebagai masa subur atau ovulasi. Kalau sel telurmu yang matang tersebut nggak dibuahi, maka persiapan pembuahan akan dibersihkan melalui menstruasi, Girls.

Nah, sekarang kamu udah tau kan, apa itu masa subur? Inilah alasan orang tua akan selalu menjaga dan memperhatikanmu dari pergaulan, saat kamu berada di masa subur ini. So, be careful, Girls!

Bagikan artikel ini ke teman-teman cewekmu yuk, Girls! Supaya mereka juga tau pengertian tentang masa subur dan lebih menjaga dirinya dari lingkungan sekitar!

Related Articles

First Timer
09 Oct 2019

Aku Telat Puber Nggak ya?

Kamu pasti udah sering dengar kata “puber” kan, Girls? Hmm….sebenarnya puber itu ...
First Timer
11 Dec 2019

Cowok Tahu Kamu lagi Menstruasi? Pede Aja!

Saat menstruasi kamu pernah salah tingkah nggak, Girls, karena takut kalau teman cowok tahu? Kalau i...
First Timer
13 Aug 2019

Benar Nggak sih, Menstruasi Hari Pertama Itu Sedikit?

Hari pertama menstruasi biasanya darah yang keluar itu sedikit karena volume darah bakalan banyak di...