Masa sih, Olahraga Bisa Bikin Bercak Darah Keluar?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Masa sih, Olahraga Bisa Bikin Bercak Darah Keluar?

Masa sih, Olahraga Bisa Bikin Bercak Darah Keluar?

16 Aug 2019

Masa sih, Olahraga Bisa Bikin Bercak Darah Keluar?

Menstruasi udah selesai dari beberapa hari lalu, tapi selesai jogging tiba-tiba ada bercak darah yang keluar? Kok, bisa ya? Kamu pernah mengalami kejadian ini nggak, Girls? Hmm....kamu pasti langsung panik dan berpikir, “Darah yang keluar ini gara-gara kelamaan olahraga atau ada gangguan kesehatan ya?”. Eits, tenang aja! Kondisi ini bukan suatu gejala dari gangguan kesehatan tertentu kok! Why? Karena kondisi ini masih terbilang wajar dan bisa dialami sama semua perempuan.

Kalau menstruasimu berlangsung empat hari dan bercak darah keluar di hari ketiga setelah menstruasi, maka total sampai bercak darah keluar adalah tujuh hari. Berdasarkan fakta medis, menstruasi yang normal berlangsung antara 2 – 10 hari. Jadi, kalau dalam rentang waktu tersebut masih terlihat bercak darah, kondisi itu masih tergolong wajar, Girls. Tapi, kalau bercak darah keluar setelah 10 hari sejak hari pertama menstruasimu, berarti kondisi itu udah termasuk yang nggak wajar.

Penyebab lain yang sering menyebabkan bercak darah keluar setelah menstruasi adalah penggunaan pil kontrasepsi. Dalam buku A Woman’s Guide to Sexual Health yang ditulis oleh Dr. Mary Jane Merkin, dijelaskan bahwa sangat wajar kalau di awal penggunaan pil kontrasepsi seorang perempuan mengalami bercak-bercak setelah menstruasinya. Tapi, kalau bercak darah itu berlangsung sampai beberapa bulan, lebih baik periksakan diri ke dokter ya, Girls! Mungkin kondisi tersebut disebabkan karena pil kontrasepsi yang nggak cocok dan perlu diganti.

Nah, sekarang kamu jadi tau kan, ternyata keluarnya bercak darah setelah menstruasi bukan disebabkan karena olahraga yang berlebihan, Girls. So, kamu nggak perlu khawatir lagi untuk berolahraga saat menstruasi! Karena dengan berolahraga bakal bikin tubuhmu jadi fresh sepanjang hari!

Jangan lupa untuk share info ini ke teman-temanmu ya, supaya mereka nggak panik lagi kalau ada bercak darah setelah menstruasinya!

Related Articles

First Timer
16 May 2019

Keputihanku Normal Apa Nggak ya?

Nggak cuma menstruasi, ternyata keputihan juga ada yang normal dan nggak normal, lho! Kalau keputiha...
First Timer
09 Sep 2019

Banyak Larangan Pas Menstruasi, Benar Nggak sih?

Girls, kamu pernah nggak sih, menahan diri pas menstruasi karena ada larangan-larangan tertentu yang...
First Timer
17 Nov 2020

Ini Dia Cara Menghitung Siklus Menstruasi

Masa subur pada wanita perlu diperhitungkan dengan baik untuk menentukan kapan waktu yang tepat untu...