Masa sih, Menstruasi Pertama Itu Pasti Nyeri?
ask dr laurier

Masa sih, Menstruasi Pertama Itu Pasti Nyeri?

Masa sih, Menstruasi Pertama Itu Pasti Nyeri?

01 Aug 2019

Masa sih, Menstruasi Pertama Itu Pasti Nyeri?

Salah satu topik tentang menstruasi yang sering dibahas para cewek adalah menstruasi pertama yang katanya terasa nyeri. Umumnya para cewek memang mengalami nyeri saat pertama kali menstruasi. Tapi kamu nggak perlu khawatir, Girls, karena nyeri yang kamu rasakan bisa terjadi saat otot perutmu lagi tegang dan kram. Hal ini menandakan kalau tubuhmu udah bisa memulai siklus menstruasi yang normal dan sehat.

Setiap kamu menstruasi, otot perutmu akan sering berkontraksi untuk mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim. Bisa diibaratkan seperti saat kamu berjalan jauh, lalu otot-otot kakimu berkontraksi, tegang dan terasa pegal. Nah, hal itu juga yang dialami sama otot perutmu, Girls. Dalam istilah medis, nyeri perut ini dikenal sebagai dysmenorrhea primer.

Kekuatan otot perut setiap cewek itu berbeda-beda, jadi tingkat rasa nyerinya pun berbeda. Semakin kuat otot perutmu, berarti perutmu nggak bakal gampang tegang dan nyeri. Nyeri menstruasi pertama mungkin terasa berat karena kamu baru pertama kali mengalaminya. Selain nyeri perut, kamu juga bisa merasakan nyeri di bagian punggung, pinggang, panggul sampai paha bagian atas. Don’t worry, Girls! Kondisi itu bukan gejala suatu penyakit kok, tapi karena otot-otot di bagian bawah tubuhmu ikut berkontraksi untuk membantu otot perut yang lagi meluruhkan darah menstruasi.

Nyeri menstruasi ini biasanya dirasakan beberapa saat sebelum menstruasi dan akan hilang setelah 72 jam atau di hari kedua menstruasi. Kira-kira ada nggak sih, cara untuk mengatasinya? Tenang aja, Girls! Berikut ini ada cara-cara praktis yang bisa kamu lakukan untuk meredakan nyeri menstruasimu!

  • Stretching. Lakukanlah peregangan perut atau tubuh bagian bawahmu supaya otot-ototnya relaks, sehingga nyeri bisa mereda.
  • Pijat. Usaplah bagian perutmu yang sakit dan jangan menekannya terlalu kuat, karena hal ini bisa membantu melancarkan aliran darah di area ototmu yang tegang.
  • Minum obat. Kalau kamu udah melakukan dua cara sebelumnya tapi nyeri nggak mereda, sebaiknya langsung minum obat pereda nyeri yang khusus dibuat untuk meredakan nyeri menstruasi. Jenis obat ini bisa kamu beli di apotek. Kamu juga bisa minta tolong mama untuk menyiapkannya, supaya obat tersebut selalu ada pas kamu butuhkan. Ingat ya, konsumsilah sesuai aturan yang ada di kemasan supaya obat bisa berfungsi secara optimal!
  • Mandi atau kompres bagian perut yang nyeri dengan air hangat. Cara ini juga bisa meredakan otot-ototmu yang tegang menjadi lemas, sehingga nyeri berkurang.
  • Tetap aktif. Lakukanlah olahraga ringan supaya otot-otot perut dan rahimmu lentur dan nggak tegang. Kalau ototmu lentur, maka nyeri akan mereda.
  • Memanjakan diri seperti minum secangkir teh hangat, mendengarkan musik atau menaruh lilin aromaterapi di kamarmu supaya mood-mu lebih baik.

Sebenarnya nyeri perut pas menstruasi pertama bisa dirasakan atau malah nggak sama sekali, karena tergantung kondisi ketegangan otot setiap cewek. Tapi, walaupun nanti kamu merasakan nyeri, kamu udah nggak bingung lagi kan? Lakukan aja cara-cara di atas, supaya nyeri yang kamu rasakan nggak berlangsung lama. Tapi kalau nyeri yang kamu rasakan nggak mereda juga, lebih baik langsung kasih tau mama dan minta periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka nggak khawatir menghadapi nyeri pas menstruasi pertamanya!

Related Articles
First Timer
31 Aug 2019

Kenapa Cuma Cewek yang Menstruasi?

Kamu punya sahabat cowok dari kecil nggak, Girls? Wah, pasti seru deh! Di masa remaja saat kamu mula...
First Timer
03 Oct 2019

3 Kesalahan Saat Merawat Miss V

Merawat kebersihan vagina memang harus dengan cermat dan teliti. Right, Girls? Karena vagina adalah ...
First Timer
12 Nov 2021

Ampuh! Atasi Anemia dengan Zat Besi Saat Menstruasi 

Hai, girls! Siapa nih di sini yang sering banget dihantui oleh gejala PMS menjelang menstruasi ataup...