Malu Pas Menstruasi? Lakukan 4 Hal Ini yuk!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Malu Pas Menstruasi? Lakukan 4 Hal Ini yuk!

Malu Pas Menstruasi? Lakukan 4 Hal Ini yuk!

03 Sep 2019

Malu Pas Menstruasi? Lakukan 4 Hal Ini yuk!

Sama halnya seperti perubahan tubuh yang berlangsung selama masa puber, menstruasi juga kadang bikin kamu khawatir. Ada yang nggak sabar menunggu menstruasi datang, tapi ada juga yang berharap supaya menstruasi nggak datang terlalu cepat. Benar nggak, Girls?

Biasanya para cewek yang masih dalam masa puber akan merasa malu kalau orang lain tau mereka lagi menstruasi, atau mungkin khawatir terjadi ‘kecelakaan’. Semua reaksi ini normal banget kok, karena lama-kelamaan rasa cemas dan malu itu pasti akan berkurang kalau udah terbiasa. Tapi, supaya mencegah “kecelakaan” itu terjadi langsung pada dirimu, ada baiknya kamu melakukan hal-hal di bawah ini, Girls!

  • Bersiap-siap

Setelah kamu mulai mengalami menstruasi, mending kamu bilang ke mama untuk dibelikan pembalut. Lalu simpan pembalut di emergency kit-mu supaya gampang dibawa kemanapun, jadi bisa kamu pakai saat kondisi darurat.

  • Lebih peka

Kalau kamu udah merasa lembap yang berlebihan di area vaginamu, jangan menunda untuk mengeceknya ke kamar mandi ya. Kalau kamu melihat ada cairan atau bercak di celana dalam, langsung aja pakai pembalut. Atau supaya nggak repot kamu bisa memakai pantyliner saat akan beraktivitas di luar rumah, jadi kamu nggak bingung kalau tiba-tiba menstruasi.

  • Catat siklus menstruasimu

Hal ini dilakukan supaya kamu nggak kaget saat menstruasi datang di tanggal yang berbeda dari bulan sebelumnya. Karena rata-rata siklus menstruasi cewek adalah 21 - 35 hari yang artinya bisa terjadi lebih dari satu bulan. Hitunglah dari hari terakhir menstruasimu sampai hari pertama menstruasi selanjutnya datang. Rentang waktu itulah yang bisa kamu catat sebagai siklus menstrasimu, Girls. 1 atau 2 hari menjelang tanggal menstruasimu, kamu juga bisa memakai pembalut untuk berjaga-jaga.

  • Periksa kondisi pembalut

Pastikan untuk sering memeriksa kondsi pembalutmu, Girls. Sekalipun belum ada cairan yang keluar, tapi kamu tetap harus menggantinya setiap 4 jam, supaya terhindar dari lembap dan iritasi.

Gimana? Sekarang kamu nggak merasa malu atau khawatir lagi kan? Kalau kamu cermat melakukan empat hal di atas, pasti kamu enjoy menjalani aktivitasmu karena pikiranmu nggak terganggu sama rasa malu dan khawatir. Cheer up, Girls!

Ajak teman-temanmu baca artikel ini ya, Girls! Supaya mereka juga bisa mempersiapkan pembalut saat keadaan darurat dan terhindar dari rasa malu saat menstruasi!

Related Articles

First Timer
29 Aug 2019

Kapan Menstruasi Pertamaku Datang?

Emang nggak nyaman sih, kalau kamu belum menstruasi terus mendengar teman-temanmu udah saling bercer...
First Timer
29 Aug 2019

PMS dan Menstruasi Itu Sama Nggak sih?

Menstruasi pertamamu udah datang? Wah, selamat ya, berarti kamu udah memasuki masa puber nih, Girls!...
First Timer
14 Jan 2022

Menstruasi Sebulan Dua Kali? Normalkah?

Bagi wanita yang sudah aktif dan matang alat reproduksinya, akan mengalami siklus menstruasi setiap ...