Malas Olahraga Pas Menstruasi? Duh, Nggak Zaman!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Malas Olahraga Pas Menstruasi? Duh, Nggak Zaman!

Malas Olahraga Pas Menstruasi? Duh, Nggak Zaman!

26 Sep 2019

Malas Olahraga Pas Menstruasi? Duh, Nggak Zaman!

Kalau selama ini kamu masih menganggap olahraga pas menstruasi itu nggak berpengaruh apa-apa, berarti kamu salah, Girls! Karena olahraga pas menstruasi justru bisa meredakan kram dan nyeri yang kamu rasakan di hari-hari pertama menstruasimu lho! Hmm...kok bisa ya?

Para ahli udah memastikan kalau olahraga bisa membantu para cewek untuk mengatasi gejala PMS-nya seperti kembung, gampang capek dan moody. Memang nggak gampang kalau lagi nyaman berbaring sambil mengompres perut dengan air panas, terus kamu harus memaksakan diri untuk bergerak. Eits, tapi sebenarnya kamu tetap bisa happy dengan bergerak kok, Girls. Yuk, coba lakukan hal-hal di bawah ini!

  • Aerobik dan zumba

Walaupun kamu lagi merasakan nyeri di hari pertama menstruasi, jangan cuma tiduran aja ya, karena kamu harus tetap berolahraga, Girls. Lakukanlah jenis olahraga yang bisa meningkatkan sistem pernapasanmu seperti aerobik. Selain itu, kamu juga bisa coba jenis olahraga yang bikin tubuhmu bergerak aktif seperti zumba atau treadmill. Saat tubuhmu bergerak aktif, maka tubuhmu akan memicu produksi endorfin, yaitu hormon yang bisa bikin kamu happy. So, kamu nggak bakal bad mood selama menstruasi deh!

  • Berenang

Saat menstruasi biasanya tubuhmu akan terasa lebih berat, Girls. Nah, berenang adalah salah satu solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Tekanan air saat berenang akan membuat tubuhmu terasa lebih ringan dan bisa mengurangi tekanan pada punggung dan panggulmu. Walaupun begitu, jangan berenang terlalu lama ya! Karena air kolam cenderung nggak steril. Setelah berenang, langsung bersihkan tubuh dan ganti pembalutmu, supaya kamu kembali merasa nyaman.

  • Planking atau squating

Pada hari pertama menstruasi biasanya kamu akan merasakan kembung dan capek. Kalau kamu perhatikan, kondisi itu ternyata bisa mengubah postur tubuhmu lho. Untuk mengatasinya, kamu bisa coba lakukan olahraga yang melatih kekuatan tubuh seperti planking atau squating. Jangan melakukan jenis olahraga yang membuat tubuhmu bergerak cepat seperti lari sprint, karena bisa menyebabkan cedera. Yoga atau senam pernapasan adalah pilihan olahraga yang juga bisa kamu coba saat merasakan nyeri menstruasi.

Kamu harus ingat ya, kalau olahraga bisa meningkatkan risiko dehidrasi. Makanya, kamu disarankan untuk menambah kebutuhan cairanmu dengan mengonsumsi lebih banyak air putih. Kalau biasanya kamu cuma minum delapan gelas sehari, tambah dua gelas lagi setelah berolahraga supaya tubuhmu nggak dehidrasi.

Wah, ternyata olahraga pas menstruasi itu punya manfaat yang baik untuk mengatasi gejala PMS ya! Mulai sekarang jangan ada kata malas untuk berolahraga walaupun lagi menstruasi, karena dengan berolahraga, tubuhmu akan terasa lebih sehat dan segar. So, keep working out, Girls!

Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka nggak malas berolahraga pas lagi menstruasi!

Related Articles

First Timer
25 Nov 2019

4 Tips Biar Nggak Malu Pas Menstruasi

Girls, mungkin sampai saat ini menstruasi masih belum bisa diterima sebagai hal yang wajar di usia r...
First Timer
20 Sep 2019

Menstruasi yang Nggak Normal Itu Gimana sih?

Menstruasi yang terjadi pada setiap cewek itu berbeda-beda, begitu juga sama volume darah menstruasi...
First Timer
29 Aug 2019

Tebal Bukan Jaminan!

Saat menstruasi nggak cuma masalah PMS seperti kram atau nyeri perut aja yang harus dialami para cew...