Makanan Super Pereda PMS
ask dr laurier

Makanan Super Pereda PMS

Makanan Super Pereda PMS

17 Dec 2019

Makanan Super Pereda PMS

Girls, kamu pernah nggak sih, bertanya seperti “kenapa aku selalu mengalami nyeri saat PMS?”, “apa cuma aku yang mengalaminya?”.  Jawabannya adalah bukan hanya kamu yang mengalami PMS berat. Menurut The American College of Obstetricians and Gynecologists, ternyata 70% perempuan di dunia menderita PMS atau premenstrual syndrome lho, Girls. Jadi kamu nggak perlu cemas, karena kamu nggak sendirian yang mengalaminya. PMS dibagi menjadi dua tingkatan. Pada tingkat yang paling ringan, PMS menyebabkan gangguan emosi, perut kembung dan mual. Tapi, pada tingkat yang berat, PSM bisa mengganggu, tubuh lemas, pusing, nyeri perut hebat bahkan terkadang sampai pingsan, lho.

Untuk mengurangi rasa sakit akibat PMS, banyak cara yang bisa kamu dilakukan kok, Girls, mulai dari mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, berolahraga ringan, hingga terapi dan menggunakan obat-obatan herbal. Tapi, hasilnya udah pasti berbeda-beda pada setiap cewek yang mengalaminya, tergantung dari kondisi fisik dan metabolisme dalam tubuh masing-masing cewek, Girls. Sebenarnya ada cara lain yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan usaha berlebih untuk mengurangi gejala PMS ini, yaitu melakukan perbaikan asupan gizi untuk tubuh. Kalau hal ini kamu lakukan dengan benar, tips di bawah ini bisa meredakan rasa sakit akibat PMS yang kamu alami, Girls!

  1. Kurangi asupan garam

Menurut Prof. Ellen Freeman, ahli obstetri dan ginekologi dari Fakultas kedokteran Philadephia, garam dapat menyebabkan penahanan air dan pembengkakan pada perut. Itu sebabnya, kalau terlalu banyak mengonsumsi garam, menjelang menstruasi perut menjadi sering kembung dan sakit.

  1. Batasi konsumsi alkohol

Pada saat menjelang menstruasi, sistem dan cara kerja syaraf cewek sangat peka terhadap rangsangan. Alkohol yang dikonsumsi melalui minuman mengandung ethanol, jenis zat yang “menekan” syaraf pusat. Kondisi ini menyebabkan kerja syaraf pusat terganggu sehingga perintah kerja untuk hormon menjadi nggak lancar. Kalau dibiarkan terus menerus terjadi, maka seluruh sistem tubuh akan terganggu.

  1. Minum susu

Kebutuhan kalsium harian orang dewasa sekitar 1000 mg/hari. Kalau jumlah ini tercukupi, maka PMS seperti kram dan kejang perut akan berkurang. Hal ini karena kalsium yang terdapat pada susu dan produk olahannya terbukti membantu tubuh mendorong produksi endophine yaitu hormon yang membuat kamu merasa nyaman. Satu gelas susu mengandung 300 mg kalsium jadi kalau kamu mengonsumsi kira-kira 3 gelas susu udah akan sangat membantu.

  1. Konsumsi karbohidrat kompleks

Menurut Ellen S. Mitchell, Ph.D guru besar di University of Washington School of Nursing, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks bisa memicu produksi serotonin, hormon yang mengendalikan mood, nafsu makan dan tidur.

  1. Tingkatkan vitamin B6

Vitamin B6 berfungsi mengontrol produksi serotonin. Asupan vitamin B6 yang cukup akan memastikan tubuhmu menjadi lebih relaks. Sehingga tekanan yang dialami tubuh akan berkurang. Tapi, perlu kamu ingat kalau batasan aman mengonsumsinya adalah 50mg per hari, jadi sebaiknya jangan mengonsumsi vit B6 dalam bentuk suplemen, melainkan dalam bentuk makanan segar, seperti, ikan tuna, hati ayam atau sapi dan kedelai ya, Girls.

So, gampang banget kan, Girls?  Kalau kamu mengalami nyeri perut akibat PMS, coba ikuti tips-tips di atas ya, Girls. Jangan lupa juga mengimbanginya dengan olahraga ringan yang dilakukan secara teratur dan hindari stress. Jadi, kamu bisa nyaman seharian menjalani aktivitasmu deh!

Yuk, ajak teman-teman yang lain baca artikel ini, Girls! Supaya mereka juga mengetahui makanan super yang bisa meredakan PMS saat mereka mengalaminya!

Related Articles
First Timer
13 Nov 2020

Rekomendasi Pembalut Berdasarkan Kondisi Menstruasi Kamu

Memilih pembalut menstruasi itu memang cukup tricky karena merk serta jenis yang tersedia di pasaran...
First Timer
19 May 2021

Kulik Manfaat Pembalut Herbal, Benarkah Dapat Mencegah Kanker Serviks?

Setiap bulannya, normalnya setiap kaum hawa yang alat reproduksinya sudah siap dibuahi akan mengalam...
First Timer
26 Sep 2019

Malas Olahraga Pas Menstruasi? Duh, Nggak Zaman!

Kalau selama ini kamu masih menganggap olahraga pas menstruasi itu nggak berpengaruh apa-apa, berart...