ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Makanan Lezat Pereda PMS

Makanan Lezat Pereda PMS

16 Sep 2019

Makanan Lezat Pereda PMS

Girls, kamu sering merasakan gejala PMS menjelang menstruasi nggak? Biasanya kamu pakai cara apa untuk mengatasinya? Hmm...selain olahraga atau mengonsumsi obat pereda nyeri menstruasi, ternyata PMS ini bisa diatasi dengan beberapa jenis makanan lho. Eits, jangan khawatir, makanannya enak dan gampang dicari kok, Girls! Apa aja ya?

  • Alpukat

Buah bertekstur lembut ini mengandung asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin dan mineral. Kalau kamu mengonsumsi alpukat menjelang menstruasi, ternyata bisa membantu mencegah terjadinya peradangan di sekitar rahim lho. Sehingga rasa sakit saat menstruasi bisa berkurang karena nggak terjadi kram otot. Kamu bisa jadikan buah alpukat ini sebagai jus, dan minumlah setiap hari menjelang menstruasi supaya kamu terhindar dari kram menstruasi!

  • Yoghurt tanpa lemak

Kandungan probiotik dan kalsium yang ada pada yoghurt tanpa lemak ini diketahui tiga kali lipat lebih ampuh meredakan kram menstruasi. Hal ini disebabkan karena kalsium pada yoghurt bisa mengatasi kekurangan kalsium alami di lapisan dinding rahim selama menstruasi. Selain itu, yoghurt juga ampuh mengatasi kembung dan rasa ingin ngemil yang meningkat, karena bisa mengurangi proses tubuh mengumpulkan cairan. Tapi kalau kamu sering jerawatan menjelang menstruasi, sebaiknya jangan mengonsumsi yoghurt ya, ganti aja dengan makanan yang tinggi kalsium seperti brokoli, kacang polong atau sarden.

  • Dark chocolate

Dark chocolate punya kandungan antioksidan yang tinggi dan bisa memicu produksi endorfin, yaitu hormon yang bikin kamu merasa happy dan lebih bersemangat. Mengonsumsi beberapa potong dark chocolate selama menstruasi bisa bikin kamu nggak gampang merasa capek dan selalu bersemangat, Girls!

Gimana? Makanan di atas enak semua kan, Girls? Kalau kamu lagi merasakan gejala PMS, langsung aja konsumsi makanan di atas. So, kamu nggak akan tersiksa lagi menjelang dan selama menstruasi, Girls!

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka tau jenis makanan yang bisa meredakan gejala PMS-nya!

Related Articles

First Timer
19 Nov 2019

Duh! Kenapa ya BAB ku Nyeri Saat Menstruasi?

Nyeri saat BAB di masa menstruasi memang mungkin dialami lho, Girls. Kondisi ini bisa bikin jadi ngg...
First Timer
02 Oct 2019

Cari Tau Lebih Banyak Tentang Menarche yuk!

Girls, saat kamu menarche atau menstruasi pertama hal apa aja sih, yang udah kamu tau? Mungkin mama ...
First Timer
02 Oct 2019

Tetap Nyaman Berolahraga Pas Menstruasi

Malas berolahraga pas menstruasi memang sering dirasakan para cewek, Girls. Nggak cuma karena merasa...