Lengkapi Catatan Menstruasimu yuk!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Lengkapi Catatan Menstruasimu yuk!

Lengkapi Catatan Menstruasimu yuk!

25 Sep 2019

Lengkapi Catatan Menstruasimu yuk!

Kamu udah punya catatan menstruasi belum, Girls? Nah, sekarang ini cewek disarankan banget untuk membuat catatan tentang menstruasinya. Kalau selama ini kamu baru mencatat siklus menstruasimu dari hari pertama menstruasi sekarang ke hari pertama menstruasi berikutnya, berarti catatanmu masih kurang lengkap nih. Karena ada beberapa hal lain yang juga perlu kamu masukkan ke dalam catatan menstruasimu, Girls. Hmm...apa aja ya?

Langkah awal dalam membuat catatan menstruasi adalah mencatat hari pertama setiap kali kamu menstruasi. Kamu bisa pakai kalender dan langsung menandainya di tanggal yang sama saat menstruasi datang. Tapi kalau kamu mau pakai cara yang lebih praktis, kamu bisa pakai aplikasi dari Laurier, yaitu Menstrual Diary yang bisa kamu download di play store-mu. Dengan mencatat hari pertama menstruasi, kamu jadi bisa memantau keteraturan siklus menstruasimu.

Tapi, akan lebih baik lagi kalau catatan hari pertama menstruasimu itu dilengkapi sama keterangan lain yang nggak kalah penting. Sehingga, catatan menstruasimu bisa jadi sumber informasi yang lengkap pas kamu butuhkan. Kira-kira keterangan apa aja ya, yang harus ditambahkan?

  • Data hari terakhir. Jangan cuma mencatat hari pertama aja ya, tambah catatanmu sampai hari terakhir menstruasimu berlangsung. Catatan ini akan memberi data tentang durasi lamanya menstruasi, jadi kamu bisa tau saat durasi menstruasimu memendek atau lebih lama dari biasanya.

  • Aliran darah menstruasi. Buat catatan tentang volume darah yang keluar setiap hari selama menstruasi berlangsung. Jadi, kamu bisa tau apakah darah yang keluar itu sedikit atau banyak, dan bentuknya menggumpal atau nggak. Selain itu, catat juga seberapa sering kamu mengganti pembalut ya!

  • Perdarahan yang nggak normal. Kamu bisa melihat apakah ada perdarahan yang terjadi di luar periode menstruasimu.

  • Nyeri. Kamu bisa menjelaskan bagaimana nyeri yang kamu alami saat menstruasi, bagian tubuh mana, dan nyerinya lebih berat dari biasanya atau nggak.

  • Gejala lain. Coba kamu perhatikan apakah ada gejala lain yang kamu rasakan selama menstruasi, seperti moody atau rasa ingin ngemil yang meningkat.

Nah, supaya kamu semangat saat mencatat semua hal tentang menstruasimu, kamu bisa membuat icon-icon yang menarik, menggunakan pulpen warna-warni atau menempelkan stiker-stiker lucu. Jadi selain lengkap dan bermanfaat, catatan menstruasimu juga lebih menarik untuk dibaca, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca info ini supaya mereka bisa melengkapi catatan menstruasinya!

Related Articles

First Timer
01 Oct 2019

PMS Minggat Tanpa Obat

Girls, gejala PMS sebenarnya nggak cuma nyeri dan kram perut aja lho, tapi ada juga gejala lain sepe...
First Timer
14 Oct 2019

5 Fakta Tentang Si “Menarche”

“Kenapa sih, aku belum menstruasi?” Pasti pertanyaan ini sering banget muter-muter di ot...
First Timer
30 Aug 2019

Ubah Bad Mood Jadi Good Mood

Moody, sensi, gampang sedih dan marah adalah hal yang sering banget dialami para cewek menjelang dan...