ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Lebih Peka Sama Menstruasimu yuk!

Lebih Peka Sama Menstruasimu yuk!

20 Sep 2019

Lebih Peka Sama Menstruasimu yuk!

Girls, para ahli kesehatan menyarankan supaya setiap cewek memantau dan mencatat segala hal yang berhubungan sama menstruasinya. Alasannya supaya kamu nggak sering ‘kecolongan’ saat hari pertama menstruasi dan bisa memantau kesehatan tubuhmu. Metode pencatatan ini dikenal sebagai kalender menstruasi. Disebut seperti itu karena berhubungan erat sama tanggal yang ada pada kalender dan selalu berulang setiap siklus menstruasimu. Kalender menstruasi ini adalah metode paling baik untuk memastikan PMS dan mengetahui hari pertama menstruasi terjadi, sehingga kamu bisa mencegah terjadinya ‘kecelakaan’.

Kalau dulu para cewek memang benar-benar menandai kalendernya, tapi di zaman modern ini ada cara yang lebih praktis yaitu dengan menggunakan aplikasi di handphone, sehingga catatan siklus menstruasimu gampang diakses. Bahkan aplikasi ini juga bisa mengirimkan notifikasi kalau udah mendekati hari menstruasimu, jadi kamu bisa bersiap-siap deh! Eits, tenang aja, Laurier udah bikin aplikasinya khusus buat kamu kok, namanya Menstrual Diary. Kamu bisa download aplikasi itu di play store atau app store handphone-mu.

Satu hal yang harus kamu ingat saat mencatat semua tentang menstruasimu adalah kamu harus cermat melihat kondisi yang kamu alami menjelang dan selama menstruasi. Karena informasi itu akan membuatmu selalu menjaga kesehatan reproduksi dan kondisi tubuhmu. Selain itu, kamu jangan cuma mencatat rentang waktu menstruasimu aja ya, tapi kamu juga harus catat secara detail apapun yang kamu alami. Seperti kapan kamu merasa kram, moody, gejala yang nggak biasa pada cairan vagina, nyeri yang nggak wajar, volume darah yang keluar, warna cairan menstruasi dan gejala lain yang mungkin bukan gejala umum menjelang menstruasi.

Biasanya, setelah mencatat dengan teratur selama beberapa siklus, kamu akan melihat pola yang berulang. Kalau udah begitu, maka kamu bisa tau kapan waktu yang tepat untuk melengkapi emergency kit-mu supaya bisa dipakai pas kamu membutuhkannya, Girls.

Sekarang kamu tau kan, kenapa menstruasimu itu harus dipantau? Karena kalau kamu udah mencatat dan paham semua hal yang berhubungan sama menstruasimu, kamu jadi nggak panik lagi pas menstruasi tiba-tiba datang atau ada gejala yang nggak biasa kamu alami, Girls.

Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka rajin memantau menstruasinya!

Related Articles

First Timer
20 Nov 2019

Tanda - tanda PMS yang Nggak Biasa!

Girls, pasti kamu berpikiran kalau selama ini tanda-tanda PMS cuma kram, ingin ngemil, atau gampang ...
First Timer
09 Sep 2019

Organ Reproduksi Itu Apa Aja ya?

Girls, seberapa jauh nih, pengetahuan kamu tentang organ reproduksi? Mungkin kalau kamu udah menstru...
First Timer
28 Sep 2010

Cari Tahu Manfaat Chamomile Tea untuk Menstruasimu, yuk!

Kamu pasti pernah denger teh chamomile, kan? Atau kamu udah pernah nyobain rasanya? Ternyata nggak c...