Latihan Ringan Pereda Kram Menstruasi
ask dr laurier

Latihan Ringan Pereda Kram Menstruasi

Latihan Ringan Pereda Kram Menstruasi

16 Aug 2019

Latihan Ringan Pereda Kram Menstruasi

Kamu sering merasakan kram perut atau kembung menjelang menstruasi nggak, Girls? Kondisi itu ternyata dibagi jadi berbagai tingkatan lho! Mulai dari yang ringan, sedang sampai berat. Walaupun beda-beda tingkatan, pastinya kondisi ini bisa mengganggu aktivitas rutinmu. Tapi kamu tau nggak sih, ternyata melakukan latihan fisik yang ringan (low impact) bisa meredakan kram dan kembungmu saat menstruasi lho, Girls! Kira-kira yang termasuk low impact itu apa aja ya?

  • Jalan-jalan

Kalau hal yang satu ini pasti gampang banget, karena bisa kamu lakukan kapan dan di mana aja, Girls! Bisa dilakukan pagi hari, pas lagi istirahat makan siang atau sore hari sambil jalan-jalan di mall. Ingat ya, kegiatan ini minimal kamu lakukan selama 30 menit. Latihan kardio ringan ini bekerja untuk menggerakkan otot dan meningkatkan detak jantung, sehingga metode ini pas banget untuk meredakan kram perutmu pas menstruasi. Kalau hal ini dilakukan bareng sama sahabat, pasti kamu juga bisa dapat bonus suasana yang menyenangkan!

  • Latihan otot perut

Saran ini mungkin bertolak belakang sama fakta yang bilang kalau nyeri yang dirasakan menjelang atau pada awal menstruasi dipicu karena ketegangan otot perut setelah berkontraksi mengeluarkan darah menstruasi. Pasti di antara kamu langsung bertanya, “Bukannya otot yang tegang bisa makin parah kalau melakukan latihan otot perut?”. Hmm...ternyata nggak sama sekali lho, Girls! Karena saat otot perutmu digerakkan dengan terarah dan berulang, maka sirkulasi darah ke otot malah jadi lebih lancar. Otot juga jadi relaks dan ketegangan karena kontraksi untuk mengeluarkan darah menstruasi bakal berkurang dan pelan-pelan menghilang. Latihan otot perut yang bisa kamu lakukan adalah sit up sebanyak 10 kali atau plank selama satu menit.

Gimana? Simple banget kan? Kalau kamu merasakan kram perut menjelang atau di awal menstruasi, lakukan aja kedua hal di atas supaya kram perutmu cepat mereda dan aktivitasmu jadi nggak terganggu, Girls!

Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka tau kalau latihan fisik yang ringan bisa meredakan kram perutnya!

Related Articles
First Timer
29 Nov 2019

Ayah Tau Tentang Menstruasiku, Gimana nih?

Girls, kalau udah obrolin tentang hal-hal perempuan, kamu pastinya lebih nyaman ngobrol sama ibumu k...
First Timer
21 Jun 2019

Jangan Jadi Nggak Gaul Gara-Gara Menstruasi!

Kamu pasti sering banget nggak sadar, kalau masa remaja itu sebenarnya berlangsung singkat banget. H...
First Timer
14 Jan 2022

Mana Tempat Liburan Favoritmu?

Di awal tahun baru ini, pasti kamu pengen banget kan untuk liburan atau sekedar refreshing dari hiru...