Langkah untuk Jaga Kebersihanmu Pas Menstruasi!
ask dr laurier

Langkah untuk Jaga Kebersihanmu Pas Menstruasi!

Langkah untuk Jaga Kebersihanmu Pas Menstruasi!

10 Jul 2014

Langkah untuk Jaga Kebersihanmu Pas Menstruasi!

Girls, pas menstruasi kamu harus menjaga kebersihan tubuhmu dua kali lipat dibanding hari-hari biasanya, lho! Kenapa sih? Karena kondisi kulit di sekitar area vagina yang lembap selama menstruasi adalah “tempat” yang nyaman buat pertumbuhan bakteri dan jamur. Kalau kamu nggak menjaga kebersihan dengan baik, maka bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi di area tersebut. Nah, supaya hal ini nggak terjadi, kamu harus benar-benar memerhatikan kebersihan dan kesehatanmu selama menstruasi.

Biasanya cewek berpikir kalau membersihkan area vagina pakai cairan pembersih adalah cara yang tepat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan. Tapi sayangnya, semua itu salah lho, Girls! Supaya sehat plus bersih selama menstruasi, kamu cukup lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Banyak minum air supaya nggak dehidrasi pas lagi menstruasi. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh adalah cara untuk menjaga tubuh tetap sehat dan sistem sirkulasi juga bisa berjalan lancar.
  • Ganti pembalut setiap 4 jam sekali supaya nggak lembap dan nggak kena infeksi bakteri. Ganti pembalut secara teratur, penting banget buat menjaga kesehatan dan kebersihan vagina selama menstruasi.
  • Pakai benda yang lembut untuk membersihkan area vagina, karena kulit di sekitar area vagina cenderung tipis. Misalnya, sarung tangan dan spons yang lembut, atau tanganmu juga bisa membersihkan area vagina dengan baik.
  • Pas lagi menstruasi, setiap kamu mau ganti pembalut, jangan lupa untuk selalu membersihkan area kulit di luar vagina dan area tumbuh rambut pubik pakai air bersih. Lakukan dengan hati-hati, terus keringkan dan pasang pembalut yang baru.
  • Abis selesai beraktivitas seharian, jangan lupa untuk bersihkan kulit di sekitar area vagina pakai air hangat pas kamu lagi mandi. Ingat, jangan terlalu panas karena bisa membuatmu merasa nggak nyaman!
  • Pakai baju yang longgar dan celana dalam berbahan katun, supaya bisa meningkatkan aliran udara ke area vaginamu.
  • Abis menstruasi, pakai sabun lembut dan air buat membersihkan area kulit di luar vagina dan area tumbuh rambut pubik. Sedangkan, area di dalam vagina nggak perlu kamu bersihkan karena cairan vagina udah bertugas untuk melakukannya.
  • Jangan pakai sabun dan produk pembersih vagina, karena bisa berdampak buruk untuk vaginamu, Girls. Kalau kamu memakainya untuk membersihkan area di dalam vagina, sabun dan pembersih ini juga akan membersihkan bakteri baik yang menjaga kesehatan dan keseimbangan pH vaginamu, sehingga bisa memicu iritasi.
  • Kamu harus selalu memastikan untuk membersihkan area vagina dengan benar. Setiap kali habis buang air kecil dan besar, caranya bersihkan dengan gerakan dari arah depan ke belakang.
  • Selalu keringkan area vaginamu sampai benar-benar kering supaya nggak lembap, karena bisa menyebabkan infeksi.

Selain hal-hal di atas, pastikan juga kamu mengatur pola makan yang sehat ya, Girls! Jangan konsumsi makanan yang mengandung banyak gula, lebih baik tingkatkan asupan proteinmu, istirahat yang cukup dan tetap aktif bergerak supaya tubuhmu terasa nyaman saat menstruasi.

Ternyata nggak ribet kan, menjaga kebersihan dan kesehatan area vagina pas lagi menstruasi? Tapi di antara kamu pasti masih ada yang mengabaikannya, benar nggak? Coba lakukan dari sekarang yuk, Girls, supaya area vaginamu bisa bebas lembap dan nyaman!

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, biar mereka juga bisa menjaga kebersihan dan kesehatannya saat menstruasi!

Related Articles
First Timer
05 May 2014

Siapa Bilang Menstruasi Itu Darah Kotor?

Udah bukan rahasia lagi, kalau banyak banget orang yang anggap bahwa darah menstruasi itu sebenarnya...
First Timer
26 Nov 2019

Bebas Lesu Saat Menstruasi

Kebanyakan cewek mengeluhkan bahwa mereka merasa lemas dan lebih suka leyeh-leyeh saat menstruasi. K...
First Timer
20 Nov 2019

Boleh Nggak sih, Minum Es dan Air Dingin Pas Menstruasi?

Girls, kamu sering merasa haus setiap menjelang dan selama menstruasi nggak? Ternyata kondisi ini me...