Lakukan 8 Cara Ini, Supaya Kamu Tetap Ceria Selama Menstruasi!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Lakukan 8 Cara Ini, Supaya Kamu Tetap Ceria Selama Menstruasi!

Lakukan 8 Cara Ini, Supaya Kamu Tetap Ceria Selama Menstruasi!

21 Nov 2019

Lakukan 8 Cara Ini, Supaya Kamu Tetap Ceria Selama Menstruasi!

Ada kabar seru nih, Girls! Sebenarnya kamu nggak perlu mengalami hari-hari yang lemas dan nggak pede sepanjang menstruasi lho! Karena ada beberapa kondisi yang bisa dikendalikan, sehingga kamu bakal tetap ceria dan menikmati serunya hari-harimu. Nggak percaya? Coba deh, kamu lakukan 8 cara seru ini!

  1. Bergerak

Gerakan olahraga ringan, seperti stretching atau yoga, jalan kaki, dan berenang bisa membantu meningkatkan peredaran darahmu, serta menghentikan ketegangan ototmu, Girls. Justru kalau kamu cuma duduk diam aja, maka akan menyebabkan nyeri semakin terasa. So, keep on moving, Girls!

  1. Kompresan hangat

Kalau perutmu terasa menegang dan nyeri, cobalah kompres dengan air hangat di bagian yang sakit. Rasanya pasti akan membuatmu merasa nyaman banget, Girls. Suhu hangat bisa merelaksasi otot dan meredakan ketegangan, sehingga nyeri yang kamu rasakan akan cepat hilang.

  1. Minum cukup air

Kamu merasa bingung nggak sih, Girls, kalau ada saran yang bilang harus minum banyak air untuk mencegah kembung? Tapi, memang seperti itu caranya lho! Kamu bisa merasa kembung, karena tubuhmu mengumpulkan air untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Kalau asupan airmu cukup, maka tubuhmu pasti nggak akan mengumpulkan air, sehingga rasa kembung pun bakalan hilang. Kamu disarankan minum minimal 8 gelas cairan, bisa berupa air mineral, jus atau susu sepanjang hari. Nggak perlu malu membawa botol air kemanapun kamu pergi, karena cuma dengan cara ini kamu jadi ingat untuk minum dan memenuhi kebutuhan cairanmu, Girls.

  1. Makanan sehat

Sebaiknya kamu banyak mengonsumsi sayur dan buah ya, Girls, supaya tubuhmu lebih terasa segar. Sayur dan buah menyediakan kebutuhan vitamin dan air untuk tubuhmu, sehingga bisa mencegah terjadinya gejala PMS.

  1. Hindari kafein

Zat ini nggak cuma datang dari kopi, tapi juga terkandung dalam minuman bersoda, teh dan cokelat. Kafein diketahui bisa menyebabkan pengumpulan cairan di dalam tubuh, sehingga menjelang menstruasi kamu akan lebih sering merasa nyeri, sensitif dan kembung. So, mulai kurangi konsumsi kafein dari sekarang ya, Girls!

  1. Cukup tidur

Di usia remaja seperti kamu, butuh 6 – 9 jam tidur setiap malam, apalagi saat menstruasi. Waktu tidur yang cukup akan membuatmu merasa segar keesokan harinya, sehingga kamu tetap ceria dan siap untuk beraktivitas!

  1. Mencatat siklus menstruasi

Melakukan persiapan adalah cara terbaik untuk menyambut menstruasi. Karena itu kamu harus tahu secara pasti kapan kamu menstruasi. Makanya, kamu harus tau secara pasti kapan kamu menstruasi. Nah, caranya adalah dengan mencatat siklus menstruasimu. Kamu bisa pakai kalender di HP-mu, atau aplikasi Menstrual Diary dari Laurier. Intinya, kamu jadi bisa menghitung dan menyiapkan keperluanmu kalau menstruasimu tiba, Girls!

  1. Pakai pembalut yang nyaman

Cari produk pembalut yang memberi perlindungan, tapi juga tetap nyaman pas kamu pakai, Girls. Jangan sampai kamu memilih pembalut yang terasa mengganjal pas kamu bergerak. Pastikan juga untuk selalu mengganti pembalut setiap 4 jam, supaya area miss V-mu nggak lembap dan iritasi!

Rangkaian tips di atas, pasti bakal membuatmu tetap bisa seru-seruan dan menikmati hari-harimu saat menstruasi, Girls. So, mulai sekarang kamu nggak boleh lemas dan nggak pede lagi pas menstruasi ya! Enjoy your day, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-teman cewekmu, Girls! Supaya mereka juga bisa tetap ceria selama menstruasi!

Related Articles

First Timer
24 Sep 2019

Tembus?! Nggak Usah Panik!

Di usia remaja, saat hormon reproduksi di dalam tubuh belum seimbang, biasanya volume darah menstrua...
First Timer
04 Jan 2020

Alasan Hormon Berubah Menjelang Menstruasi

Kamu tau nggak sih, kalau setiap bulan sistem reproduksi cewek akan mengulang proses yang dikendalik...
First Timer
12 Dec 2019

Kenapa Tanggalnya Nggak Selalu Sama Tiap Bulan?

Kalau kamu sayang dengan tubuhmu, pastinya kamu akan lebih aware sama kesehatan reproduksimu juga ka...