Lain Warna, Lain Pemicu
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Lain Warna, Lain Pemicu

Lain Warna, Lain Pemicu

20 Nov 2019

Lain Warna, Lain Pemicu

Girls, kamu tau keputihan kan? Yup! Keputihan adalah kondisi di mana adanya cairan atau lendir yang keluar dari vaginamu. Rata-rata cewek memang akan mengalami kondisi ini kok. Keputihan juga sebenarnya nggak diproduksi banyak, paling cuma sekitar satu sendok teh setiap hari atau setara 4 ml. Sifat dari cairan keputihan cenderung berubah-ubah warnanya dan bisa menandakan kondisi kesehatan organ reproduksimu nih, Girls.

Keputihan yang normal biasanya bening atau putih, nggak beraroma, dan nggak menyebabkan gatal saat terkena kulitmu. Bila warna keputihan berubah dari biasanya yang kamu lihat, maka kamu perlu waspada ya! Bisa aja kondisi organ reproduksimu lagi terganggu tuh. Hmm...memangnya seperti apa sih, warna lain dari cairan keputihan?

  • Kuning muda: Kalau cairan keputihan terlihat berwarna kuning, hal ini masih dalam kategori yang wajar kok, Girls. Warna ini terjadi karena sisa urine yang menempel diujung saluran vagina, dan dibawa keluar oleh cairan vagina. Nah, hal inilah yang menyebabkan keputihanmu menjadi warna kuning muda, Girls.
  • Putih susu: Kalau cairan vaginamu berwarna putih susu, lengket tapi nggak gatal, kondisi ini biasanya akan kamu alami di akhir siklus menstruasimu. Hal ini memang wajar karena tingginya kadar hormon reproduksi di dalam tubuhmu. Tapi, bila disertai rasa gatal, maka kondisi ini bisa menandakan infeksi ragi di dalam vaginamu lho! Sebaiknya kamu langsung periksakan diri ke dokter ya, Girls!
  • Bening dan lengket: Warna ini menandakan kamu lagi mengalami ovulasi, di mana indung telur melepaskan sel telur matang. Bisa dibilang kamu lagi dalam masa subur. Nggak perlu cemas ya, Girls, kondisi ini normal banget kok!
  • Bening dan cair: Perubahan warna cairan ini biasanya terjadi setelah kamu berolahraga. Kondisi ini masih dalam kategori yang normal ya, Girls.
  • Kuning tua dan kehijauan: Warna ini biasanya beraroma sangat menusuk, yang menandakan terjadinya infeksi di saluran vaginamu. Sebaiknya, kamu harus segera ditangani serius oleh dokter, kalau mengalami kondisi ini.
  • Cokelat: Warna ini sering dialami setelah kamu menstruasi, pertanda kalau lagi ada proses pembersihan saluran vagina. Warna ini terjadi saat cairan vagina membawa keluar sisa darah menstruasi yang masih menempel di dalam dinding saluran vaginamu.
  • Kecokelatan disertai bercak darah: Warna ini biasanya terjadi di tengah siklus menstruasimu, dan menandakan terjadinya ovulasi.

Asalkan warna keputihanmu masih tergolong normal, maka kamu nggak perlu cemas ya, Girls! Kamu cukup memastikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisimu, jaga pola makan, dan hindari stres yang bisa memicu kondisimu semakin buruk. Jangan lupa juga untuk tetap peka terhadap warna-warna dari keputihanmu ya! Be aware, Girls!

Ajak teman- temanmu baca artikel ini yuk, Girls! Supaya mereka juga tau warna lain dari keputihan dan mewaspadainya!

Related Articles

First Timer
26 Jul 2021

Boleh Gak Sih Berenang Pas Lagi Menstruasi? Ini Dia Jawabannya 

Kamu mungkin termasuk yang ragu ketika diajak teman untuk renang pas kamu lagi menstruasi. Dalam hat...
First Timer
22 Dec 2021

Sakit Menstruasi yang Mengganggu? Waspada Miom! 

Beberapa wanita yang organ reproduksinya sudah aktif, seringkali dihantui dengan adanya risiko penya...
First Timer
05 Dec 2019

Mitos Menstruasi dari Berbagai Negara

Kalau bahas tentang mitos, pasti kamu udah nggak asing lagi kan, Girls, sama mitos-mitos yang diperc...