Kok Menstruasiku Lebih Cepet dari Biasanya sih?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kok Menstruasiku Lebih Cepet dari Biasanya sih?

Kok Menstruasiku Lebih Cepet dari Biasanya sih?

27 May 2019

 Kok Menstruasiku Lebih Cepet dari Biasanya sih?

Kalau siklus menstruasi tiba-tiba memendek dari siklus rutin, emang suka bikin pusing. Kadang mikir, apa ini pertanda adanya penyakit di tubuh atau ada yang gak beres sama sistem reproduksi?  Tapi jangan khawatir dengan hal ini, karena ini bisa dialami sesekali saat usia produktif. Kondisi ini dikenal dengan nama ‘anovulatory cycle’. Penyebabnya adalah indung telur udah ngelepasin sel telur yang belum bener-bener matang sebagaimana mestinya.

Ini faktor pemicu yang harus kamu tau. Kondisi yang bikin siklus menstruasi memendek dan lebih cepat ini dibagi jadi dua, yaitu fisik dan psikologis. Tapi, umumnya kondisi-kondisi fisik cenderung lebih menyebabkan si ‘anovulatory cycle’ ini. Fisik yang capek dan pikiran yang stres bisa menyebabkan nggak seimbangnya kadar hormon estrogen dan progesteron, jadi akan menganggu proses matangnya sel telur. Akibatnya, sebelum sel telur bener-bener matang, indung telur udah dapat sinyal duluan untuk ngelepasinnya. Kalau nggak terjadi pembuahan, maka kamu bakalan segera menstruasi.

Selain faktor pemicu yang berasal dari fisik dan psikologis, keseimbangan pola hidup juga menjadi kunci. Untuk mencegah pelepasan sel telur yang belum matang adalah dengan menyeimbangkan kadar hormon. Makanya, supaya siklus menstruasi nggak memendek atau lebih cepet, kamu disarankan banget untuk ngejaga tubuh selalu sehat. Pola makan seimbang, istirahat cukup dan aktivitas fisik yang rutin dilakukan selama 60 menit sehari adalah cara yang paling tepat untuk kamu terapin.

Untuk mengatur kembali siklus menstruasi mu, coba hindari kelelahan fisik, stress berlebih dan atur pola hidupmu dengan baik. Perhatiin sampe maksimal dua siklus setelah kamu ngerubah pola hidup, biasanya siklus akan langsung balik ke normal lagi. Ada yang pernah mengalami kejadian kayak gini, Girls? Yuk share pengalaman kamu di kolom komentar!  

Related Articles

First Timer
07 Oct 2019

Tangan Bersih Selama Menstruasi

Girls, kamu sadar nggak sih, kalau kuman pemicu infeksi pasti selalu ada di sekitarmu lho! Walaupun ...
First Timer
25 Nov 2019

4 Tips Biar Nggak Malu Pas Menstruasi

Girls, mungkin sampai saat ini menstruasi masih belum bisa diterima sebagai hal yang wajar di usia r...
First Timer
13 Aug 2004

Eits, Jangan Sembarangan Pilih Pembalut ya!

Pembalut pasti jadi benda yang harus dimiliki setiap cewek tiap bulannya, iya kan, Girls? Pembalut a...